More

    Mahasiswa Unnes Rekayasa Ruang 2D Jadi 3D

    Noor Achmad. Foto : Unnes
    Noor Achmad. Foto : Unnes

    SEMARANG, KabarKampus – Noor Achmad, Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang mengubah lukisan 2 dimensinya menjadi nampak seperti benda 3 dimensi (3D). Kemampuannya tersebut, sebuah lukisan pada objek datar tampak seperti memiliki volume atau ruang.

    Seperti salah satu karya berjudul Sandal Jepit dalam pamerannya di Gedung Dekanat Fakultas Bahasa Seni (FBS).Gambar itu tersusun dari dua bidang lukisan. Dengan memadukan dua bidang itu secara tegak lurus Noor berhasil menciptakan ilusi bahwa sandal japit ini memiliki ruang. Bahkan, dengan kejeliannya, Ia juga menciptakan ruang kosong sebagaimana didapati pada benda 3 dimensi yang sebenarnya.

    Menurut Noor, teknis rekayasa ruang telah dikenal oleh seniman asing sejak 2007. Namun, sepengatahuannya, tidak banyak perupa Tanah Air yang mengeskplorasinya secara mendalam.

    - Advertisement -

    “Begitu juga di Semarang. Saya kira belum banyak perupa yang mengekplorasi teknik ini,” katanya.

    Hasil kreasi Noor ini masih akan digelar hingga Rabu (17/09/2014).  Dalam pameran tersebut terdapat lebih dari 12 karya yang digarap dengan teknik rekayas ruang.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here