More

    Wayang Goes to Campus 2014 Empat Hari Hadir di UI

    05 04 2013 Wayang Jokowi AhokJAKARTA, KabarKampus Universitas Indonesia (UI) kembali menggelar Wayang Goes to Campus 2014. Kegiatan yang betujuan untuk melestarikan kebudayaan tradisional ini digelar mulai dari tanggal 23- 27 September 2014 di Balairung UI kampus Depok.

    Sejalan dengan eforia peralihan kepemimpinan nasional, WGTC 2014 kali ini mengusung tema “Wayang dan Kepemimpinan”. Tema ini disajikan dalam berbagai kegiatan pertunjukan, diantaranya pertunjukan wayang kulit, wayang orang, wayang golek, wayang Potehi dan wayang Tavip serta pameran, sarasehan, workshop dan bazaar.

    Dalang kondang seperti Ki Manteb Soedharsono, Ki Begug Poernomosidi serta dalang cilik De Tira (Yudistira Manunggaling Rahmaning Hurip) turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sedangkan dalam kegiatan Sarasehan Wayang akan memaparkan topik terkait “Wayang dalam konteks ke-Indonesiaan” dan “Wayang dan Ketahanan Nasional”.

    - Advertisement -

    Di area bazaar dan workshop, selain menghadirkan berbagai produk kerajinan nasional, akan ditampilkan berbagai workshop seperti menatah wayang, membuat wayang dari plastik, dan membuat berbagai kerajinan dari kain bekas (perca). Sementara itu, kegiatan pameran menampilkan berbagai koleksi wayang tradisional, pameran keris dan batu mulia nusantara dan pameran lukisan.

    Tidak lupa penampilan dari sejumlah mahasiswa UI yang tergabung dalam KMSJ – UI (Keluarga Mahasiswa Sastra Jawa UI) dan Sekar Sriwedari yang turut memeriahkan acara.

    Pada puncak acara Sabtu 27 September 2014 akan disajikan pergelaran Wayang Kulit Wonogiri yang dibawakan oleh Enam Dalang sekaligus dalam satu panggung yaitu Ki Begug Poernomosidi, Ki Widodo Wilis, S.Sn, Ki Sura Agul Agul, Ki Eka Sunarsono, S.Sn, Ki Sigit Mursita, S.Sn dan Ki Narta Guna Wiyono, dengan lakon “Semar Mbangun Kayangan.”

    Selain menggerlar berbagai kegitan, pada WGTC kali ini, KWUI akan mengusulkan kepada pemerintah untuk menetapkan Hari Wayang Nasional. Selain itu bentuk kepedulian terhadap usaha melestarikan wayang oleh KWUI juga ditunjukkan dengan gagasan pemberian gelar kehormatan Makara Utama UI kepada penggiat dan pelestari budaya wayang yang telah berkontribusi dan berjasa melestarikan budaya tradisional di Indonesia dan luar negeri.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here