More

    159 Mahasiswa Asing Unpad Ikuti Ospek

    Mahasiswa asing Unpad mengikuti masa orientasi mahasiswa baru.
    Mahasiswa asing Unpad mengikuti masa orientasi mahasiswa baru.

    BANDUNG, KabarKampus – Sebanyak 159 Mahasiswa asing dari 22 Negara mengikuti program Orientasi Mahasiswa Baru di Universitas Padjajaran, Jatinangor, Jawa Barat, Rabu, (01/10/2014). Para mahasiswa ini berasal dari berbagai program studi dan jenjang di Unpad, diantaranya berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Ilmu Budaya.

    Dr. med. Setiawan, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Unpad mengatakan,  melalui kegiatan orientasi mahasiswa baru ini, mengharapkan para mahasiswa internasional tidak hanya terlibat dalam kegiatan akademik, tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan. Selain itu berbagai kegiatan kemahasiswaan perlu diikuti sebagai bagian untuk meningkatkan kompetensi.

    “Di kegiatan kemahasiswaan, ada banyak yang bisa dipelajari. Belajar kreatifitas, belajar untuk melayani, belajar untuk peduli, belajar kepemipinan, termasuk belajar kebudayaan,” tutur Dr. Setiawan saat membuka Unpad International Student Orientation di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, pada Rabu (01/10/2014).

    - Advertisement -

    Menurut , Dr. Setiawan juga melalui kegiatan ospek ini ia berharap para mahasiswa internasional tersebut dapat berinteraksi langsung dengan mahasiswa lain, termasuk mahasiswa dari Indonesia. Dengan demikian, selain dapat saling mengenal, para mahasiswa pun dapat saling mempelajari budaya masing-masing. Selain itu, mahasiswa asing itu juga diharapkan aktif di kegiatan kemahasiswaan diantaranya dapat dilakukan dengan bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa di Unpad.

    Ia menambahkan, eksistensi dari mahasiswa internasional ini sangat penting bagi Unpad. Dalam hal ini, Unpad dapat mendapatkan pandangan dan masukan untuk meningkatkan kualitas sebagai bagian dari internasionalisasi. Hal tersebut kemudian dapat diintegrasikan dalam berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan akademik, penelitian, hingga community engaged program.

    “Mudah-mudahan kalian mendapat pengalaman baik selama di sini. Walaupun berasal dari luar negeri, tetapi kalian bukan orang asing, kalian adalah mahasiswa Unpad,” ujar Dr. setiawan.

    Pada program orientasi ini, para mahasiswa internasional diberi penjelasan menganai Kota Bandung, Jatinangor, dan sekitarnya serta pemanfaatan fasilitas umum di Kota Bandung dan Kampus Unpad. Setelah mengkuti masa orientasi, para mahasiswa pun melakukan wisata kampus di Jatinangor. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke sejumlah sekretariat UKM di lingkungan Unpad.

    Para mahasiswa tersebut berasal dari berbagai program, yakni Twinning Program, Kemitraan Negara Berkembang, Darmasiswa, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), pertukaran mahasiswa, dan beasiswa unggulan.[]

     

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here