More

    Anak Pecandu Narkoba Tidak Harus Selalu Dipisahkan dari Keluarga Kandungnya

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    CEO Departemen Pendidikan dan Perkembangan Anak Australia Selatan, Tony Harrison memisahkan anak dari keluarga kandungnya berdampak buruk bagi perkembangan anak.
    CEO Departemen Pendidikan dan Perkembangan Anak Australia Selatan, Tony Harrison memisahkan anak dari keluarga kandungnya berdampak buruk bagi perkembangan anak.

    Penyalahgunaan alkohol dan narkoba oleh orang tua tidak harus selalu diikuti dengan tindakan memisahkan anak dari keluarga kandung mereka. Pemisahan anak dari orang tua kandungnya tidak selalu menjadi solusi yang baik untuk anak, terkadang justru memicu masalah lanjutan yang lebih besar pada sang anak.

    CEO Departemen Pendidikan dan Perkembangan Anak, Tony Harrison dalam rapat dengar pendapat dengan komite parlemen yang menyelidiki kinerja Badan Perlindungan Keselamatan Anak – Familes SA di Australia Selatan menyatakan pihaknya keberatan dengan usulan yang mendesak agar anak dari orang tua yang kedapatan melakukan penyalahgunaan alkohol dan narkoba harus dipisahkan dari orang tua atau keluarga kandungnya.

    - Advertisement -

    Menurut Harrison adalah hal yang tidak rasional sama sekali jika berharap tidak ada satupun orang tua yang melakukan penyalahgunaan alkohol dan narkoba.

    “Tapi penggunaan obat terlarang atau alkohol yang berlebihan dengan sendirinya tidak akan menjadi penentu apakah kita akan membiarkan seorang anak tinggal bersama keluarga biologis,” katanya.

    “Jadi saya tidak menganjurkan kepada komite bahwa selalu harus ada kasus pemicu terlebih dahulu baru lembaga perlindungan dan keselamatan anak bergerak melakukan identifikasi terjadinya penggunaan narkoba atau alkohol secara berlebihan, dan itu menjadi faktor satu-satunya bagi kita untuk mempertimbangkan keputusan memindahkan anak itu dari unit keluarganya . ”

    Pekan lalu, koroner menyelidiki kematian anak berusial 4 tahun, Chloe Valentine di Adelaide yang menyatakan Families SA menyetujui rencana ibu sang anak yang merupakan pencandu narkoba merawat gadis itu.

    Harrison mengatakan pemisahan anak oleh lembaga Families SA merupakan keputusan besar dan memiliki potensi dapat berdampak buruk pada anak di kemudian hari.

    “Memisahkan anak dari keluarga kandungnya benar-benar dapat menyebabkan kerusakan yang lebih merugikan bagi diri si anak dalam bentuk penyalahgunaan atau penelantaran anak karena potensi kesulitan yang dihadapinya akibat penempatan, pengasuhan, dan kasih sayang yang diterimanya di luar lingkungan keluarga biologis anak tersebut,” katanya.

    “Saya pastikan jika komite meloloskan usulan ini maka kami tidak hanya akan memiliki 2.600 anak-anak dalam perawatan kami tapi sebaliknya akan sangat banyak anka-anak yang harus dirawat oleh kementerian Pendidikan dan Perkembangan Anak,” katanya.

    Menteri Utama Australia Selatan, Jay Weatherill sepakat dengan pendapat ini kalau terkadang memisahkan anak dari rumah malah justru akan berdampak buruk,

    “Tidak ada cukup sdm yang tersedia untuk menyelidiki pemberitahuan perlindungan anak yang terjadi didalam sebuah rumah tangga,”

    “Sangat tidak mungkin mengerahkan seluruh sdm yang dimiliki untuk hal semacam itu dan sangat sangat tidak diharapkan jika pemerintah harus menanggung perawatan lebih dari 20,000 anak bukannya 2,000 orang.”

    Families SA perlu menyelidiki orang tua yang melakukan penyalahgunaan narkoba

    Harrison mengatakan kepada komite kalau dirinya menyakini kalau keputusan memisahkan anak dari orang tua bermasalah yang dilakukan Families SA selama ini dalam banyak kasus selalu tepat. Namun meski demikian anggota parlemen dari Family First, Dennis Hood mengatakan Families SA perlu menindak orang tua yang mengkonsumsi narkoba.

    “Sederhana saja menurut pendapat saya, jika seorang orang tua menggunakan narkoba seperti metamphetamin secara rutin atau heroin, yang pada akhirnya akan menghilangkan atau mengurangi kemampuan mereka untuk menjaga anaknya.

    Jadi jika seseorang menggunakan narkoba maka sudah pasti kita layak bertanya, ” Apakah mereka layak untuk mengasuh anaknya,” katanya. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here