More

    Mahasiswa Thailand Belajar Islam di IAIN Palu

    Ilustrasi Rektorat IAIN Palu. Foto : IAIN Palu
    Ilustrasi Rektorat IAIN Palu. Foto : IAIN Palu

    PALU, KabarKampus, Sebanyak delapan mahasiswa asal Thailand belajar agama Islam di Institut Agama Islam Negeri Palu. Para mahasiswa ini merupakan mahasiswa Strata 1 yang mengikuti program Organisasi Kemasyarakatan Islam Thailand.

    Kedelapan mahasiswa tersebut tiba di IAIN Palu pada 26 Agustus 2014. Mereka tersebar di tiga fakultas, yakni Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK),  Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FASEI).

    Menurut Prof. Dr Zainal Abidin, M.Ag, Rektor IAIN Palu, kehadiran kedelapan mahasiswa tersebut adalah sebagai bentuk kerja sama IAIN Palu dengan Organisasi Kemasyarakat Islam di Thailand. “Organisasi tesebut meminta ada Anak-anak asal Thailand belajar agama Islam di IAIN Palu,” katanya (02/10/2014).

    - Advertisement -

    Selain itu menurut, Prof Zainal, organisasi Islam itu juga meminta IAIN Palu mengutus mahasiswa untuk PPL di Thailand. Mahasiswa IAIN Palu nantinya mengajar di beberapa Madrasah di Thailand.

    Rektor menilai menilai, hal tersebut sangat penting, sebab IAIN bagian dari pendidikan dan dakwah. Selain itu ia juga merasa bangga, perguruan tinggi yang bernama IAN mendapat kepercayaan dari negara Thailand.

    Bagi Rektor, kepercayaan tersebut menjadi bagian dari kepercayaan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sulawesi Tengah. “Pendidikan Islam itu sudah diperhatikan oleh masyarakat luar, yaitu Thailand,” ungkapnya.

    Prof Zainal mengungkapkan, kerja sama ini juga merupakan suatu tantangan bagi IAIN, untuk mengembangkan mutu pembelajaran, serta fasilitas, sarana dan prasarana. “Ini bagian dari motivasi dan semangat bagi IAIN,” ujarnya.

    Kedelapan mahasiswa tersebut saat ini tinggal di kontrakan yang sudah di sediakan oleh pihak IAIN. Namun bila Rusunawa selesai dan telah disahkan pemerintah, maka mereka akan di pindahkan ke Rusunawa tersebut.

    Para mahasiswa ini tentunya tidak akan merasa kesulitan belajar di IAIN Palu, pasalnya kedelapan mahasiswa tersebut bisa berbahasa Melayu.  Selama masa studi, mahasiswa tersebut diperbolehkan dua kali pulang ke kampung halamannya di Thailand.[Nasir]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here