More

    Presentasikan BJ Habibie, Mahasiswa Unnes Terbang ke Negeri Sakura

    02 10 2014 IkaSEMARANG, KabarKampus – Farikhatul Jannah, Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) tengah dilingkupi rasa gembira. Ia akan berangkat ke Jepang pada awal Januari 2015.

    Mahasiswi yang biasa disapa dengan Ika ini ke Jepang karena berhasil menjadi pemenang dalam Japanese Experience Contest yang diadakan Kyoritsu bekerja sama dengan Coach Orginzer, di Jakarta pada hari Sabtu (27/09/2014) lalu, di Jakarta. Ika bersama empat orang lainnya akan berkunjung ke Jepang selama tujuh hari dengan biaya penuh dari penyelenggara, yaitu PT Kyoritsu, Coach Organizer, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, dan Maskapai Penerbangan ANA.

    Lomba yang diikuti Ika tersebut diikuti oleh 100 peserta dari seluruh Indonesia. Kemudian para peserta diseleksi kembali menjadi 58 peserta dalam seleksi pemberkasan. Selanjutnya  58 orang itu diseleksi lagi dengan kuis mengenai Jepang, ekonomi, bisnis, budaya, politik, dan sebagainya yang terkait dengan Jepang.

    - Advertisement -

    Dari 58 orang peserta dipilih 15 orang terbaik untuk final pidato bahasa Jepang. Setiap peserta diberikan tiga tema oleh panitia dan harus memilih salah satunya. Lalu peserta diberikan waktu lima menit untuk mempersiapkan memo dan menjabarkan tema yang dipilihkan oleh panitia di depan panggung. Setelah pidato tersebut maka dipilihlah lima orang pemenang utama yang akan berangkat ke Jepang.

    Dalam lomba kali ini, Ika mengambil tema watashi ga nihonjin ni shoukai shitai Indonesia no yuumeijin atau memperkenalkan orang terkenal di Indonesia kepada orang Jepang. Dalam pidato singkat tersebut, Farikhatul mengambil subjek BJ Habibie.

    Pencapaian Ika patut dicatat secara khusus. Sebab, di antara 5 orang pemenang tersebut, 3 orang di antaranya merupakan peserta yang berprofesi dalam bidang bahasa Jepang dan bahkan pernah pergi ke Jepang.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here