More

    Semarak Pesta Sastra di FIB UI

    Aksi Palang Pintu di Pesta Sastra FIB UI. Foto : Fauzan
    Aksi Palang Pintu di Pesta Sastra FIB UI. Foto : Fauzan

    DEPOK, KabarKampus – Dunia sastra banyak ragamnya. Tak hanya novel, cerpen, dan puisi.  Dalam kegiatan sehari-hari, sadar ataupun tak sadar, ternyata kita telah bersastra dengan gaya kita masing-masing. Perkembangan sastra bahkan tak hanya sekadar dipandang sebagai penghibur semata tetapi juga sebagai wujud ekspresi seseorang.

    Dalam rangka perigatan  bulan bahasa, Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia menggelar gelar Pesta Sastra UI, di auditorium Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Gedung IX. Selasa, (22/10/2014). Pesta Sastra ini ingin memperkenalkan kekayaan dunia sastra Indonesia pada masyarakat.

    “Sastra Indonesia itu sebenarnya kaya tidak cuman sekedar tulisan seperti puisi, cerpen dan Novel, tapi sastra itu ada sastra lisan, seperti palang pintu Betawi yang menjadi salah satu sastra Indonesia,”kata Nicho Delima Ketua Panitia Pesta Sastra UI, kepada Kabar Kampus.

    - Advertisement -

    Nicho mengatakan, selama ini masyarakat menganggap dunia sastra  hanya  berupa novel, dan cerpen. Mereka tidak melihat sastra dari sisi yang lain. Padahal sastra juga ada dalam keseharian masyarakat, seperti catatan seseorang di blog.

    Selanjutnya Nicho menjelaskan, melalui Pesta Sastra ini peserta yang datang bisa mendapatkan pemaham akan sastra, dan sadar bahwa ternyata Indonesia mempunyai budaya yang kaya akan sastra. “Karena di sini kami bukan hanya mengenalkan akan sastra, tapi juga memperkenalkan para tokoh sastra, seperti Pramoedya Ananta Toer, HB Jassin,Gunawan Muhammad, dan Andrea Hirata,” ujarnya.

    Namun menurut Nicho, tokoh-tokoh tersebut dipamerkan dalam bentuk dekorasi foto dan biografi di kampus FIB UI.

    Rangkaian Pesta Sastra UI digelar selama 3 hari, 20-22 Oktober 2014. Pada hari pertama yakni pertunjukan Palang Pintu Betawi, Bedah Buku, Martabak Asam Manis, Ngeri-ngeri Sedap, serta  pertunjukan Musik Hopla4.

    Selanjutnya pada hari kedua ada lomba WNA berpuisi. Mereka mengundang warga negara asing baca puisi berbahasa Indonesia. Kemudian dilanjutkkan dengan kuis prakata, lomba cipta cerpen dan puisi, serta seminar bahasa yang bertema bahasa dan remaja. Dan yang tak kalah menarik adalah pertunjukan dua teater kampus yaitu teater Pakupon dan teater UI.

    Kemudian pada hari  penutupan akan ada pembacaan karya sastra yang diisi oleh Andi Gunawan dan Ibnu Wahyudi, serta 5 pembacaan puisi yang berasal dari mahasiswa UI. Selain itu Pesta Sastra UI juga akan dimeriahkan bintang tamu dari  Band Honey Beat dan  Sri Ayu Jingga. Dan seminar menulis bersama penulis seperti Dwita Sari, Mahir Pradana Windiya Aristianti,  Gemala, dn Dioge Kristian.[Nasir]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here