More

    Prof Dwikorita, Rektor Perempuan Pertama UGM

    Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. Foto : UGM
    Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. Foto : UGM

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Majelis Wali Amanat (MWA) UGM menetapkan Prof. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D  sebagai Rektor UGM masa bakti 2014-2017. Ia terpilih melalui musyawarah mufakat 19 anggota MWA di kampus UGM.

    Terpilihnya  Dwikorita sebagai rektor UGM menjadikannya sebagai perempuan pertama yang memimpin UGM sejak UGM Berdiri. Posisinya ini akan menggantikan Prof. Pratikno, rektor sebelumnya yang telah diangkat sebagai Mensesneg, 20 Oktober silam.

    Prof. Dr. Sofian Effendi, Ketua MWA UGM mengatakan, sejak berdiri pada 19 Desember 1949, UGM belum pernah dipimpin oleh Rektor perempuan. Ada beberapa tugas yang menanti Dwikorita setelah Senin (24/11) besok dilantik MWA sebagai Rektor, seperti menjaga kekompakan di tingkat pimpinan universitas serta menyikapi penggabungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

    - Advertisement -

    “Termasuk masih minimnya jumlah mahasiswa UGM yang berasal dari luar Jawa. Saya rasa itu jadi tugas rektor baru untuk memikirkannya,”tegas Sofian Effendi.

    Dwikorita Karnawati akan dilantik oleh MWA sebagai Rektor pada Senin (24/11). Sebelum diangkat menjadi rektor, Dwikorita adalah Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni. Perempuan kelahiran Yogyakarta, 6 Juni 1964 ini juga sempat menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Geologi UGM.

    Dwikorita Karnawati meraih gelar S1 dari UGM, S2 dan S3 dari Leeds University, United of Kingdom. Ia sebelumnya juga pernah memperoleh beberapa penghargaan seperti The Young Academic Award, World Bank (1997) serta Leverhulme Professorship Award, Institute for Advanced Studies, University of Bris (2002). Selain itu Dwikorita, dalam ajang Seleksi Nasional Akademisi Berprestasi tahun 2010 meraih penghargaan sebagai Kaprodi berprestasi. Ia juga dikenal sebagai moderator debat capres-cawapres 2014.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here