More

    Tembakkan Senjata Bela Hak Kaum Aborijin, Pastor Ini Ditahan

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Pastor Geoffrey Stokes juga berpartisipasi dalam protes anti-uranium di Kalgoorlie pada tahun 2011.
    Pastor Geoffrey Stokes juga berpartisipasi dalam protes anti-uranium di Kalgoorlie pada tahun 2011.

    Seorang pastor asal Kalgoorlie ditahan setelah ia diduga menembakkan senjata pada saat mengikuti unjuk rasa di sebuah lokasi tambang dekat kota kecil Laverton, Australia Barat.

    Pada 29 Oktober pagi, Geoffrey Stoke, 52 tahun, berunjuk rasa dengan seorang temannya di sebuah lokasi tambang dekat pemukiman komunitas Aborijin di Gunung Margaret, yakni sekitar 400 kilometer utara Kalgoorlie.

    - Advertisement -

    Polisi mengatakan, ketika ia didekati oleh staf pertambangan, ia diduga menembakkan senjata ke udara dan membuat sejumlah ancaman untuk melukai staf itu sebelum meninggalkan lokasi.

    Geoffrey ditahan tak lama kemudian dan dikenakan 4 tuduhan termasuk pemakaian senjata api untuk menyebarkan ketakutan.

    Kado Muir, aktivis Aborijin yang berbasis di lokasi tambang emas tersebut, mengatakan, ia tak membenarkan dugaan tindakan yang dilakukan Geoffrey, yang menurutnya terlahir karena frustasi.

    “Geoffrey adalah seorang pria asal Wongatha Wonganarra, pemilik tradisional dari wilayah itu. Ia seorang pastor, ia seorang pemimpin komunitas lokal. Saya berbicara dengannya tadi malam dan mengingatkannya ‘hei, kita harus benar-benar bertindak damai dan tanpa kekerasan,” ungkapnya.

    Kado menuturkan, ia tak percaya bahwa ada konsultasi yang cukup dengan para pemilik tradisional sebelum tambang emas tersebut dibuka.

    “Ini soal orang-orang Aborijin dimarjinalkan, diperdaya dan bertindak karena frustasi agar suara mereka didengar untuk melindungi tempat suci di tanah kami,” ujarnya.

    Ia meneruskan, “Ia hanya melakukan tindakan untuk melindungi tanahnya dan kami harap pesan itu tak dialihkan dan pemerintah serta pelaku industri kembali berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang Aborijin.”

    Kado mengutarakan, daerah tambang itu adalah tempat yang penting secara budaya dan historis.

    “Gunung Margaret seperti kampung halaman bagi banyak orang-orang Wongatha Wonganarra. Pentingnya Gunung Margaret di dalam tambang emas itu adalah salah satu yang memiliki nilai tertinggi,” jelasnya.

    Geoffrey dijadwalkan hadir dalam persidangan pada bulan depan. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here