More

    UGM Hadirkan Air Siap Minum di Kampus

    UGM kini memiliki air siap minum yang dapat digunakan masyarakat.
    UGM kini memiliki air siap minum yang dapat digunakan warga UGM dan umum. Foto : UGM.

    JAKARTA, KabarKampus – Kabar gembara buat warga UGM dan masyarakat sekitar UGM. Saat ini UGM telah memiliki air siap minum di kampus UGM.

    Air siap minum ini terdapat empat unit water dispenser. Dua unit berada di Grha Sabga Pramana (GSP) dan dua unit lainnya di Asrama Mahasiswa Kinanti. Air ini berasal dari sumber air bersih di sekitar kawasan UGM yang diolah dengan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) kampus secara mandiri oleh UGM.

    “Dalam tahap awal pembangunan SPAM Kampus dibuat delapan titik water dispenser untuk umum yang dibangun di wilayah timur UGM. Empat diantaranya sudah bisa digunakan,” kata Arifah Budi Wati, S.T., Kepala Subbagian Perencanaan Fisik Bagian Perencanaan Direktorat Perencanaan dan Pengembangan UGM.

    - Advertisement -

    Ia menerangkan, pengembangan SPAM Kampus ditujukan untuk memenuhi kebutuhan air minum bersih bagi warga UGM. Bahkan kedepan air langsung minum ini diharapkan dapat menggantikan konsumsi air minum kemasan di lingkungan UGM.

    “Kebutuhan total air berupa air minum dan air bersih di UGM mencapai 15 liter per detik. Sementara kapasitas air langsung minum dari SPAM Kampus mencapai 10 liter per detik dari sumber air Umbul Pace sehingga saat ini masih surplus untuk mencukupi kebutuhan air minum warga UGM,” urainya.

    Kedepan SPAM Kampus akan dikembangkan di wilayah UGM bagian barat jalan Kaliurang. Kapasitas air juga akan ditingkatkan menjadi 20 liter per detik untuk memenuhi kebutuhan total air baik air minum dan air bersih untuk keperluan sehari-hari bagi seluruh mahasiswa dan karyawan UGM.

    Pembangunan SPAM Kampus telah dimulai sejak awal tahun 2014 lalu bekerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum. Merupakan hasil terobosan sejumlah mahasiswa UGM yang tergabung dalam komunitas yang fokus terhadap persoalan sanitasi dan air bersih  bernama Waterplan Community.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here