More

    Ini yang Perlu Kamu Lakukan Sebagai Mahasiswa Baru

    Ilustrasi / bradley.edu
    Ilustrasi / bradley.edu

    Sherly, mahasiswi STIKOM The London School of Public Relations – Jakarta

    Sebagai mahasiswa baru di kampus, tentunya kamu akan menghadapi orang baru, sistem belajar baru, dan lingkungan baru. Dan mau tidak mau kamu dituntut untuk beradaptasi dengan itu semua.

    Namun untuk bisa cepat beradaptasi bukanlah hal yang mudah. Mahasiswa baru biasanya akan mengalami beberapa persoalan seperti minder dan kurang percaya diri. Dan itu bisa membuat kegiatan kuliah bisa menjadi tidak menyenangkan.

    - Advertisement -

    Nah, agar kamu bisa beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan baru, ada baiknya kamu mencoba beberapa hal berikut ini :

     Berinisiatif untuk memulai percakapan

    Banyak dari kita yang merasa malu untuk memulai percakapan dengan orang asing. Padahal kalau berani memulai percakapan terlebih dahulu, orang-orang di sekitar akan merasa lebih rileks dan menganggap kamu sebagai orang yang easy going. Kamu bisa mulai percakapan tersebut dengan bertanya hal-hal sederhana seperti nama atau asal sekolah mereka.

     

    Ajak Hang-out teman – teman sekelas

    Sempatkan waktu sehabis kuliah untuk mengajak teman-teman sekelas pergi jalan-jalan atau sekadar duduk dan mengobrol. Hal ini berguna agar bias saling mengenal satu sama lain dan bisa mengakrabkan diri. Ini bisa dimulai dengan saling menceritakan kehidupan masing-masing.

    Berani bertanya

    Saat ada hal yang tidak dimengerti dalam kelas ketika dosen menjelaskan, jangan malu untuk langsung bertanya. Dengan kita sering bertanya, dosen akan lebih mudah mengingat nama kamu, bahkan bisa memberikan nilai tambahan atas keaktifan kamu.

    Aktif dalam anggota organisasi kampus

    Selain mengikuti perkuliahan di dalam kelas, kamu bisa ikut aktif berperan dalam klub atau ekstrakuliler yang telah disediakan setiap kampus sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Dengan aktif menjadi anggota, kamu bisa menambah teman dan pengalaman yang bisa kita gunakan dalam dunia pekerjaan nanti.

    Silahkan mencoba! []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here