More

    Mahasiswa Unnes Pamerkan Lukisan Revolusi Kesadaran Tony Q Rastafara

    Mahasiswa Unnes gelar pameran lukisan yang menafsirkan lirik lagu Tony Q. Foto : Unnes.
    Mahasiswa Unnes gelar pameran lukisan yang menafsirkan lirik lagu Tony Q Rastafara. Foto : Unnes.

    BANDUNG, KabarKampus – Tony Q Rastafara atau pemilik nama asli Tony Waluyo Sukmoasih, merupakan musisi reggae kenamaan Indonesia. Ia juga dikenal sebagai musisi yang mempunyai lirik berbau kemanusiaan, isu sosial, cinta, politik dan beragam fenomena masyarakat.

    Lirik-lirik tersebut telah menginspirasi Indrayana, salah satu mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam menghasilkan karya seni lukis berjudul “Revolusi kesadaran dalam lagu Tony Q Rastafara”. Karya dari mahasiswa semester 11 Jurusan Pendidikan Seni Rupa Unnes dipamerkan di di lobi dekanat Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin (22/12/2014).

    Karya lukis karya Indrayana terdapat sembilan buah. Lewat karya ini, Indra ingin menceritakan lirik lagu Tony Q Rastafara yang mengekprasikan nilai-nilai sufistik.

    - Advertisement -

    “Nilai tersebut mengajarkan sisi kemanusiaan dalam rangka terciptanya kehidupan harmonis di masyarakat. Nilai-nilai lagu tersebutlah yang akan saya ungkapkan lagi dalam bentuk visual berdasarkan imajinasi,” tutur mahasiswa yang mengaku menggunakan gaya surealistik pada penciptaan karya lukisnya.

    Indra juga mengatakan, dalam karya TonY Q Rastafara terdapat visi dan misi tentang bagaimana dari karya seni bisa menciptakan pertemanan dan persaudaraan yang lebihy dekat, bagaimana mengkritisi situasi yang sedang ada, dan membuat hal-hal yang lebih bisa di balance.

    “Esensi dari karya ini memberikan edukiasi persuasive untuk mengarah ke aspek Revolusi Kesadaran,” pungkasnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here