More

    Target Juara SEM Asia 2015, UI Luncurkan Mobil Hemat Energi Terbaru

    UI luncurkan mobil hemat energi terbaru. foto : fauzan
    UI luncurkan mobil hemat energi terbaru. foto : fauzan

    JAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Indonesia yang tergabung dalam UI Supermileage Vehicle Team meluncurkan mobil hemat energi terbaru mereka yakni Keris Rv1. Mobil ini akan diturunkan pada kompetisi mobil hemat energi Shell Eco Marathon Asia 2015 kategori Prototype Gasoline Vehicle.

    Keris Rv 1 sendiri telah banyak mengalami perubahan dari sebelumnya. Mulai dari mesin dan body mobil. Dan mobil ini sengaja dirancang untuk menjadi juara pada SEM Asia 2014.

    Aldri Triansyah, manager tim mengatakan, body mobil mereka menggunakan bahan fiber composite. Sementara chasissnya menggunakan monocoque chassis with vacum fabric method.  Sementara mesin mengunakan honda beat yang sudah setting ulang.

    - Advertisement -

    Untuk ukuran, mobil ini lebih kecil dari mobil Keris sebelumnya. Begitu juga dengan berat mobil yang telah berkurang 20 persen.

    “Yang jelas mobil ini telah disetting  untuk sirkuit SEM 2015 di Filipina, ungkap Aldri kepada KabarKampus, Kamis, (04/12/2014)

    Aldri mengungkapkan, dalam pengujian sementara, penggunaan bahan bakar mobil ini mencapai 876 km per liter. Capaian angka tersebut belum memnuhi terget mereka yakni 1500 km per liter.

    “Capaian 876 perliter baru capaian sementara. Masih ada beberapa part yang harus diganti. Kami optimis lebih dari itu,” kata Aldri Triansyah manager tim kepad KabarKampus.

    Ia menjelaskan, untuk mobil kategori Prototype Gasoline Vehicle ini mereka menargetkan juara. Setelah sebelumnya pada ajang SEM 2014 mereka hanya menduduki peringkat ke empat.

    Selain mengirimkan mobil untuk kategori prototype, tim UI juga akan mengirimkan mobil Kalibia Evo 5, untuk mengikuti kategori Urban Gasoline Vehicle. Sebelumnya mobil Kalibia Evo 4 menjadi juara 1 di SEM Asia 2014, dengan capaian terbaik se-Asia yaitu 301,6 Kilometer/liter.

    Tim UI sendiri terdiri dari 19 mahasiswa UI dari berbagai jurusan. Sejak 2010 telah mengembangkan 15 mobil hemat energi untuk berkompetisi baik nasional, maupun intenasional.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here