More

    Tiga Opsi Tim Evaluasi Kurikulum 2013 Untuk Mendikbud

    JAKARTA, KABARKAMPUS-Tim evaluasi Kurikulum 2013 memberikan tiga opsi terhadap implementasi Kurikulum 2013 kepada Mendikbud Anies Baswedan, di Gedung Ki Hadjar Dewantara Kemdikbud, Jakarta, Rabu (03/12/2014).

    Tiga opsi tersebut adalah menghentikan implementasi Kurikulum 2013 sambil menyempurnakan seluruh komponen dan perangkat Kurikulum 2013. Opsi kedua, meneruskan implementasi Kurikulum 2013 untuk sekolah yang sudah siap melaksanakan sambil melakukan perbaikan. Opsi ketiga, meneruskan implementasi Kurikulum 2013 di seluruh sekolah sambil melakukan perbaikan.

    Dalam memberikan rekomendasi tiga opsi tersebut kepada Mendikbud, tim evaluasi juga memberikan pertimbangan kebijakan dan implikasi opsi.

    - Advertisement -

    Ketua Tim Evaluasi Kurikulum 2013, Suyanto, mengatakan dalam rapat kemarin mencuat rencana membuat prototipe sekolah yang baik dalam implementasi Kurikulum 2013. Prototipe ini menekankan peranan guru dan kepala sekolah.

    “Guru dan kepala sekolah harus dilatih secara benar dan betul-betul memiliki kompetensi,” kata Suyanto seperti dilansir Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud.

    Menurut Suyanto, sekolah yang bisa menjadi sekolah prototipe bisa merupakan sekolah yang sejak 2013 sudah menjalankan Kurikulum 2013, yaitu sebanyak 6.326 sekolah, maupun sekolah yang baru melaksanakan Kurikulum 2013.

    “Tapi kita periksa dulu kesiapannya,” kata Suyanto.

    Lebih lanjut Suyanto menjelaskan nantinya sesuai arahan Mendikbud, tim evaluasi Kurikulum 2013 akan mengembangkan rencana prototipe itu, dan melakukan penggandaan. “Dibuat kloning.”

    Tim evaluasi Kurikulum 2013 akan mendorong pengembangan prototipe dilakukan secepatnya dengan tujuan tujuan sekolah prototipe sebanyak-banyaknya.

    Jika opsi kedua menjadi pilihan, menurut Suyanto, sekolah yang merasa kesulitan dalam implementasi Kurikulum 2013 boleh kembali menggunakan kurikulum sebelumnya, yaitu Kurikulum 2006. Namun dari hasil evaluasi dan opsi yang diberikan tim evaluasi tersebut, keputusan berada di tangan Mendikbud. Mendikbud sendiri yang akan berbicara di depan publik tentang kebijakan yang akan dilakukan terkait implementasi Kurikulum 2013.

    Apakah kaka setuju dengan tiga opsi untuk memperbaiki sistem pendidinkan Indonesia? []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here