More

    Biola Bambu Karya Dosen FRSD ITB Raih Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa

    13 01 2015 Biola Bambu 02Biola Bambu karya Dr. Andar Bagus Sriwarno, M.Sn. dosen FSRD ITB berhasil meraih penghargaan peringkat pertama pada kategori Desain Industri, Hak Cipta Karya Seni Rupa, Seni Pertunjukan dan Permainan Interaktif. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi kepada peneliti yang dinilai berhasil menciptakan inovasi dan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat.

    Pada karya penelitiannya Biola Bambu ini, terdapat dua jenis desain yang Andar ciptakan. Desain pertama adalah biola bambu dengan tabung panjang berbentuk kunci G dan desain kedua adalah biola dengan bentuk sederhanan namun memiliki kekuatan vibrasi lebih baik.

    “Sampai saat ini, biola ini sudah didaftarkan desain industri beserta patennya dan diuji melalui serangkain eksperimen baik secara fisik maupun akustik di laboratorium Desain Produk FSRD ITB,” jelas Andar.

    - Advertisement -

    Menurut Andar, desain biola bambu ini juga sekaligus merupakan antisipasi terhadap upaya pengembangan alat musik bambu yang kurang maksimal di Indonesia. Bahkan, rupanya belum ada pemanfaatan bahan bambu untuk alat musik gesek. Berangkat dari hal tersebut, Andar bekerjasama dengan Komunitas Bambu Indonesia berupaya mendesain biola bambu yang dibuat melalui teknik laminasi bambu. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan menghasilkan tabung vibrasi dengan nuansa akustik yang khas.

    “Sebuah penelitian desain merupakan upaya kreatif dalam menemukan kebaruan dan originalitas,” terang Andar.

    Andar juga mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan hasil jerih payahnya menemukan sesuatu yang baru, yang tidak hanya berupa produk pemecahan masalah teknis saja namun juga mampu menciptakan kesan visual estetis yang memberi nilai dan makna kepada masyarakat.

    Andar sendiri merupakan salah satu pengajar Desain Produk Industri FSRD ITB. Ia meraih gelar sarjana Desain Produk pada 1995 di FSRD IT. Kemudian Andar sempat menempuh Kursus Lanjutan pada School of Architecture, Furniture Design di Danish Academy of Fine Art, Denmark sebelum menempuh magister Desain di FSRD ITB. Pada tahun 2008, Andar meraih gelar Doktornya pada Departemen Science and Technology Chiba University, Chiba, Jepang.

    Andar juga merupakan salah satu civitas akademika ITB yang giat memublikasikan penelitiannya di jurnal maupun seminar. Salah satu penelitiannya yang bekerjasama dengan Musashino Art University di Jepang adalah Bamboo Design Workshop. Selain berkarya melalui penelitian dan desain, Andar juga terlibat aktif dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here