More

    Dosen Tel-U Lukis Mural di Markas TNI

    Dosen Tel-U melukis mural di Markas TNI. Dok. Tel-U
    Dosen Tel-U melukis mural di Markas TNI. Dok. Tel-U

     BANDUNG, KabarKampus – Banyak cara untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, salah satunya dengan karya seni. Hal ini dilakukan oleh tiga dosen Fakultas Industri Kreatif, Telkom University (Tel-U. Mereka melakukannya dengan membuat lukisan mural sepanjang 30 meter di dalam markas Kompi C Batalyon Zeni Tempur (Zipur) III/YW Baleendah.

    Tiga dosen FIK tersebut adalah Muhammad Iskandar S.Sn., Didit Endriawan, S.Sn., M.Sn. dan Bambang Melga Suprayofi S.Sn. Mural yang mereka buat merupakan gambaran sembilan fungsi TNI Angkatan Darat yaitu Konstruksi, Destruksi, Penyelidikan Zeni, Samaran, Rintangan, Penyeberangan Sungai, Perbekalan air dan listrik, penjinakan bahan peledak (jihandak), serta nuklir, bahan biologi dan kimia (Nubika).

    Muhammad Iskandar mengatakan, perlu waktu hampir dua bulan untuk menuntaskan lukisan itu. “Cuaca yang sering hujan sering membuat kami menghentikan pengerjaan lukisan ini,” ujarnya.

    - Advertisement -

    Menurut Iskandar, perlu sekitar tujuh kilogram cat tembok untuk menuntaskan lukisan ini. Mereka, sengaja memilih salah satu merek cat yang kuat bertahan terhadap cuaca agar lukisan itu tak mudah luntur.

    “Kalau cat lain paling bertahan sampai empat tahun, cat ini bisa bertahan hingga sepuluh tahun selama tembok aslinya tidak berubah,” katanya.

    Lukisan mural di dalam kompleks TNI adalah yang pertama yang dibuat oleh dosen FIK Tel-U. Rencananya mereka akan membuat lukisan mural di Markas Komando Kompi C Batalyon Zeni Tempur Dayeuhkolot.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here