More

    Minefest 2015 “This is Mine”

    tumblr_nitqsiBqdi1tmd9kvo1_1280

    Himpunan Mahasiswa Tambang Intitut Teknologi Bandung (HMT-ITB) menggelar Minefest 2015. Acara ini terdiri dari rangkaian acara yang akan mengenalkan potensi kekayaan tambang Indonesia kepada masyarakat.

    Tema acara ini adalah “This is Mine”. Tema tersebut memiliki makna ganda, yaitu “mine” sebagai industri tambang, dan “mine” sebagai milik kita. Secara umum berarti, inilah kita rakyat Indonesia, inilah industri pertambangan kita, seluruhnya demi bumi pertiwi.

    - Advertisement -

    Adapun rangkaian acara Minefest 2015 terdiri dari

    • Mine Goes to School: Merupakan sosialisasi mengenai industri pertambangan ke SMA-SMA di Bandung, dan di daerah lain melalui paguyuban-paguyuban. Hal ini dilakukan atas kesadaran bahwa masa depan industri pertambangan akan dipegang oleh adik-adik yang duduk di bangku SMA, maka pengenalan harus dilakukan.
    • Poster Competition: Merupakan lomba mencipta poster yang diadakan sebagai bagian dari Pre-Event rangkaian acara Minefest 2015. Peserta dapat membuat poster bertemakan industri pertambangan, dari sudut pandang manapun dan dapat dikumpulkan sebelum tanggal 31 Januari 2015. Pemenang lomba ini akan mendapat hadiah menarik berupa uang tunai dan bingkisan-bingkisan lainnya.
    • Mine Campaign: Merupakan sosialisasi mengenai industri pertambangan kepada masyarakat umum, khususnya kota Bandung. Mine Campaign ini dilaksanakan di Car Free Day Dago pada tanggal 25 Januari 2015 dan berisi informasi-informasi seputar tambang yang dikemas dalam games dan lomba-lomba berhadiah menarik.
    • Fun Bike (1 Februari 2015) : Merupakan kegiatan bersepada di rute-rute dalam kota Bandung yang dikemas sebagai acara yang menyenangkan, dapat diikuti oleh mahasiswa, dosen maupun alumni Teknik Pertambangan ITB. Selama Fun Bike ini pun akan dilakukan sosialisasi melalui pembagian flier yang berisi info-info menarik seputar industri pertambangan.
    • Gathering Alumni (31 Januari 2015): Merupakan acara keakraban yang mengundang alumni Teknik Pertambangan ITB. Acara ini diadakan demi menjalin silaturahmi dan menjadi ajang saling berbagi pengalaman antara HMT saat ini dan alumni yang telah terlebih dahulu terjun ke industri.
    • Home Tournament Keprofesian (6-8 Februari 2015): Merupakan acara dua tahunan yang diadakan oleh HMT-ITB. Tournament ini akan mempertandingkan cabang-cabang kegiatan yang dilakukan di lapangan, sebagai bentuk kecintaan pada keprofesian tambang. Home Tournament dapat diikuti oleh anggota HMT-ITB maupun alumni. Acara ini diadakan di kampus ITB dan terbuka untuk ditonton umum.
    • Konferensi Mahasiswa Tambang (13 Februari 2015): Mengumpulkan mahasiswa Teknik Pertambangan dari berbagai universitas, institute dan akademi di Indonesia untuk berdiskusi. Tema yang akan didiskusikan adalah mengenai UU Keinsinyuran yang akan dibahas di Seminar Nasional esok harinya.
    • Seminar Nasional (14 Februari 2015): Seminar Nasional ini bertemakan “Peranan Undang-Undang Keinsinyuran dalam Meningkatan Kompetensi Sarjana Teknik untuk Pembangunan Indonesia Melalui Industri Pertambangan” dibuat atas kesadaran bahwa isu ini penting dan perlu disosialisasikan, terutama bagi mahasiswa teknik serta sarjana teknik yang telah berkarir di dunia keinsinyuran. Seminar ini mengundang narasumber yang kompeten di bidangnya dan terbuka untuk umum.
    • Night Festival (14 Februari 2015): Merupakan acara puncak sekaligus penutup dari Minefest 2015 yang diadakan di Lapangan Basket ITB. Acara ini mengundang Barry Likumahuwa Project, terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Dalam acara ini akan diselipkan sajian-sajian edukatif tentang industri pertambangan yang dikemas secara menarik, layaknya sebuah karnaval di malam hari, sehingga akan didapatkan suasana festival yang menyenangkan, namun tetap tidak meninggalkan unsur edukasi di dalamnya.
    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here