More

    Tips Sukses Magang Bagi Mahasiswa

    Penulis : Michelle Velicia, mahasiswi Public Relation LSPR Jakarta

    Ilustrasi  / gopixpic.com
    Ilustrasi / gopixpic.com

    Sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinggi pasti tidak asing dengan kata magang. Magang atau disebut juga dengan praktek lapangan ini biasanya dilakukan mahasiswa tingkat akhir di sebuah perusahaan.

    Program magang merupakan sesuatu yang menghasilkan banyak keuntungan dan pengalaman. Maka dari itu, magang harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.

    - Advertisement -

    Berikut beberapa tips dan trick untuk sukses magang

    1. Professional image

    Tentunya jika kamu sedang menjalani program magang, otomatis kamu harus terlihat professional dalam melakukan pekerjaan. Ada berbagai cara untuk terlihat professional di perusahaan tempat magang, yaitu :

    • Dress like a professional

    Coba konsultasikan ke senior ataupun rekan kerja tentang bagaimana sebaiknya   kamu berpakaian. Pakaian yang seperti apa yang diterima di ‘mata’ rekan kerja dan atasan kamu.

    • Bekerjalah seperti professional

    Profesionalitas juga dapat kamu tampilkan dalam menyelesaikan perkerjaan. Oleh karena itu, kamu harus mengutamakan kecepatan serta ketepatan dalam bekerja serta bersikap bisa diandalkan.

    1. Positive Attitude

    Semua orang pasti akan terlihat lebih menarik jika mereka berhasil menampilkan aura dan attitude yang positif. Apalagi saat magang kamu pasti akan diperhatikan oleh senior dan rekan-rekan kerja.

    Perilaku yang menjurus positif akan membuat kamu lebih disegani dan dihormati. Salah satu perilaku positif yang bisa ditunjukkan adalah perilaku ingin tahu dan mau belajar. Kedua hal ini pasti akan membantu kamu selama program magang yang sedang dijalankan.

    1. Build Network

    Biasanya dalam program magang kamu akan mengikuti review rutin yang dilakukan atasan atau HRD atas kerjaan kamu. Dengan sering me-review pekerjaan, baik oleh atasan ataupun rekan kerja kamu, otomatis hal ini menjadi sebuah kesempatan bagi kamu untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan atasan-atasan dan rekan kerja.

    Berhasil membangun network yang baik dengan orang lain akan sangat membantu dalam dunia kerja nantinya. Yang terpenting saat magang, kamu berani untuk bersosialisasi dan bersikap terbuka dengan orang di sekitar. Agar kelak mereka dapat menyokong dan membantu kamu.

    Itulah beberapa tips & tricks untuk kita saat menjalani magang nantinya Selamat mencoba!

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here