More

    BEM ITS Bantu Hilangkan Trauma Anak Korban Penggusuran

    Salah satu anak peserta ajar BEM ITS. Dok. ITS
    Salah satu anak peserta ajar BEM ITS. Dok. ITS

     SURABAYA, KabarKampus – Penggusuran yang terjadi di desa Medokan Semampir, Surabaya menimbulkan keprihatinan bagi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Lewat Badan Semi Otonom (BSO) ITS Education Care Center (IECC) BEM ITS mengadakan kegiatan mengajar dadakan di sana

    Muhammad Ishar, Direktur BSO IECC BEM ITS mengatakanpenggusuran tersebut terjadi saat anak-anak Medokan Semampir pulang sekolah. Akibatnya, kejadian itu menjadi trauma pada sebagian anak.

    Ia menuturkan, hal tersebutlah yang menjadi landasan BSO memberikan pendidikan kepada anak-anak di desa tersebut. Dalam kegiatannya, mereka tak hanya memberi pengajaran, namun juga menghilangkan trauma psikis anak-anak akibat penggusuran. Salah satu caranya yaitu melalui bercerita.

    - Advertisement -

    Diakui Ishar, cara tersebut menjadi pendekatan yang mumpuni untuk menghibur anak-anak tersebut. ”Karena sesuai pakem Albert Einstein yang mengajarkan untuk bercerita atau mendongeng, cara tersebut menjadi cara efektif untuk menanamkan nilai kepada anak-anak,” jelas Ishar.

    Selain itu kata Ishar,mereka juga  memunculkan kebiasaan berdoa melalui nyanyian. Hal tersebut memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa setelah melakukan sesuatu harus disertai dengan berdoa.

    “Inti pengajaran terletak melalui media yang menyenangkan untuk memacu kebiasaan yang baik,” ungkapnya.

    Lebih lanjut Ishar mengungkapkan, dalam kegiatan itu juga mereka membagikan buku gambar dan seperangkat alat tulis. Tak hanya itu mereka juga memberikan celengan kepada anak-anak agar  membiasakan menabung.

    Kegiatan mengajar di Desa Medokan Semampir diikuti oleh sebanyak 20 anak. Kegiatan ini berlangsung dari tiga pekan yang lalu dan ditutup pada pekan keempat, yakni, Rabu (11/02/2015).[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here