More

    Lomba Keilmuan Teknik Industri UI 2015

    25 02 2015 LKTI UI 2015

    Ikatan Mahasiswa Teknik Industri (IMTI) UI menggelar Lomba Keilmuan Teknik Industri (LKTI). Ajang yang merupakan lomba rutin tahunan yang dilakukan oleh LKTI ini bukan hanya diskusi dan forum sharing pengetahuan, tetapi juga wadah untuk mengimplementasikan konsep dari teknik industri di dunia nyata.

    LKTI merupakan pelopor kompetisi di bidang teknik industri di Indonesia sejak tahun 2001. Pada LKTI tahun ini mengangkat tema “Increasing the Competitiveness of Gas Based Industry to Support Energy Security through Strategic Management”. Tema ini dipilih karena melihat fakta bahwa Indonesia masih menggunakan minyak sebagai energi utama dan dengan demikian memaksa Indonesia mengimpor volume yang terus tumbuh dari minyak.

    - Advertisement -

    Situasi ini harus segera diatasi dengan pindah ke energi alternatif lainnya seperti gas alam, batu bara, atau bahkan energi terbarukan. Situasi ini bahkan lebih menekan dengan era menjulang perdagangan bebas ASEAN tahun depan yang pasti untuk meningkatkan baik persaingan industri regional dan internasional.

    Untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa Teknik Industri secara sistematis dan komprehensif dalam menjawab problema industri di dunia nyata.

    Lomba LKTI ini akan digelar di kampus UI, Depok, pada tanggal 9 – 12 Maret 2015. Peserta ajang ini merupakan mahasiswa seluruh universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Teknik Industri. Nantinya beberapa universitas yang mendaftar akan disaring lagi menjadi 25 tim untuk mengikuti 3 stage utama pada 9-12 Maret 2015.

    LKTI diawali dengan Preliminary Stage yang ditujukan untuk menyaring tim pendaftar menjadi 25 besar. Preliminary stage dilakukan dengan cara penulisan paper yang berkaitan dengan tema kami. Dari 25 Besar tim tersebut akan mengikuti main stage di Kampus UI yang terdiri dari 3 stage.

    Stage pertama merupakan IEQ Test, yaitu tes yang dilakukan untuk menguji pengetahuan dasar peserta mengenai keilmuan Teknik Industri. Stage kedua merupakan Business Simulation, tahap ini akan menantang peserta melalui simulasi permainan yang serius. Peserta akan bermain dengan topik tentang industri berbasis gas dan menerapkan strategi terbaik untuk mendapatkan hasil yang akurat. Berdasarkan hasil dari stage 1 dan 2 akan disaring menjadi 5 tim untuk maju ke stage 3 atau final stage.

    Pada final stage, kelima tim akan diberikan Real Case Study untuk memecahkan kasus nyata tentang masalah gas yang terjadi di Indonesia dalam perspektif strategi manajemen. Dari tahap ini, pemenang untuk The 15th LKTI akan ditentukan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here