More

    Orang Jepang Lebih Suka HP Jadul

    Ponsel Lipat. Foto : www.jagatreview.com
    Ponsel Lipat. Foto : www.jagatreview.com

    JAKARTA, KabarKampus – Jepang merupakan salah satu negara produsen ponsel di dunia. Tapi tahukah kamu, bahwa masyarakat Jepang lebih suka menggunakan handphone jaman dulu (jadul).

    Berdasarkan penelitian MM Research Institute,  sebagian besar masyarakat di Jepang lebih pilih ponsel “jadul” daripada smartphone baru.  Salah satunya adalah jenis ponsel lipat.

    MM Research Institut melaporkan pengapalan ponsel lipat di Jepang meningkat pesat pada tahun 2014. Kondisi ini merupakan kejadian langka dan tercatat baru terjadi untuk pertama kalinya dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir.

    - Advertisement -

    Data yang dirilis MM Research Institute memaparkan, pengapalan ponsel lipat konvensional di Jepang naik 5,7% menjadi 10,58 juta unit pada 2014. Sedangkan pengiriman smartphone turun 5,3% dengan jumlah ‘hanya’ mencapai 27,7 juta unit.

    Dari laporan Reuters menyebutkan, kondisi tersebut terjadi akibat tingginya harga smartphone di Jepang. Sedangkan ponsel lipat yang telah disematkan sejumlah fitur tambahan (non-smartphone), dipasarkan dengan banderol cukup terjangkau. Selain harga perangkat, tarif berlangganan layanan data internet di Negeri Sakura juga dikenal sangat mahal.

    Hal ini dimanfaatkan oleh produsen elektronik asal Jepang yakni Panasonic dan NEC. Kabarnya mereka menarik diri dari dari bisnis smartphone, dan memilih untuk membuat ponsel murah saja.[]

    Sumber : UMM

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here