More

    Peneliti IPB Manfaatkan Karung Goni Untuk Tingkatkan Produksi Jamur

    Ilustrasi. Bewara.co
    Ilustrasi. Bewara.co

    BOGOR, KabarKampus – Jamur dapat tumbuh dengan suhu dan kelembaban tertentu. Biasanya untuk menghasilkan suhu dan kelembaban tersebut, para petani menggunakan mesin pendingin dengan biaya dan energi yang besar.

    Namun sebenarnya, alat tersebut tidak perlu digunakan. Karena berdasarkan penelitian tim peneliti Departemen Teknik dan Biosistem Fateta IPB karung goni basah mampu mengendalikan suhu dan keembaban ruangan. Riset yang pernah dipublikasikan di Jurnal Keteknikan Pertanian ini dilakukan oleh  Manunggal Ajie Putranto dan Mad Yamin.

    “Penggunaan karung goni basah untuk menstabilkan suhu di dalam kumbung dapat meningkatkan produktivitas jamur tiram. Panen jamur tiram tanpa perlakuan sebanyak 75 baglog hanya mendapatkan 16,5 kilogram. Sedangkan pada jamur tiram yang mendapatkan perlakuan karung goni, hasil panennya sebesar  23,5 kilogram”, ujar Manunggal.

    - Advertisement -

    Ia menuturkan, prosesnya adalah karung goni sebagai media pendingin ruangan disimpan di lantai di sela-sela rak jamur tiram. Tujuannya adalah untuk menjaga suhu serta kelembaban yang ideal untuk pertumbuhan jamur tiram.  Kemudian karung goni tersebut dialiri air secara berkala menggunakan timer dan pompa melalui pipa yang sudah dibolongi. Ini bertujuan untuk mengkondisikan karung goni agar tetap basah.

    “Pada siang hari, air yang tertampung pada karung goni akan menguap dan berubah menjadi uap-uap air. Uap air tersebut mengakibatkan suhu di sekitarnya turun. Hal ini terjadi secara berkelanjutan karena air yang mengaliri karung goni diatur secara berkala,” terangnya.

    Adapun, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, Manunggal menyarankan pada saat melakukan pembudidayaan, intensitas penyiraman tergantung kondisi kumbung. Penempatan karung goni di sela-sela rak dan pada konstruksi bangunan di tempat yang panas, sebaiknya tidak menggunakan atap asbes melainkan menggunakan atap genteng.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here