More

    Jalur Masuk UIN Jakarta 2015 Berbeda Dengan Tahun Lalu

    uin jktUniversitas Islam Negeri Jakarta (UIN Jakarta)  kembali membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2015. Seperti tahun lalu, untuk masuk UIN Jakarta dapat ditempuh melalui lima jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN ), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri.

    Namun untuk tahun ini ada perbedaan konsep yang signifikan dari tahun yang lalu. Untuk tahun ini bagi calon pendaftar yang memilih program studi (prodi) umum di UIN Jakarta melalui jalur SNMPTN (prestasi sekolah dan akademik) dan SBMPTN (ujian tulis). Keduanya diselenggarakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan berlaku untuk UIN di seluruh Indonesia.

    Sedangkan pendaftar yang memilih prodi agama, melalui jalur SPAN-PTKIN (prestasi sekolah dan akademik) dan UM-PTKIN (ujian tulis). Keduanya diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) dan berlaku untuk PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri) di seluruh Indonesia.

    - Advertisement -

    “Jadi jelas kategorisasinya. Ini berarti kalau pilih prodi agama melalui jalur SNMPTN atau UMBPTN, tidak bakal diketemukan tawaran prodinya, atau pilih prodi umum melalui jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN, jelas tidak ada tawarannya. Kalau tahun-tahun lalu, baik umum dan agama bisa melalui lima jalur tersebut,” ujar Ir Yarsi Berlianti Msi, Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta.

    Menurut Yarsi, untuk mengetahui pembagian prodi ini, UIN Jakarta telah membuat daftar kategorisasi prodi umum dan prodi agama dan sudah tercantum di laman jalur-jalur masuk tersebut. Untuk melihat daftar prodi-prodi umum dan kuotanya, silahkan klik http://www.snmptn.ac.id. UIN Jakarta di urutan 17 dengan 15 prodi IPA dan 14 prodi IPS yang ditawarkan. Sedangkan untuk daftar prodi-prodi agama dan kuotanya, klik http://span-ptain.ac.id, UIN Jakarta di urutan 21 dengan 22 prodi yang ditawarkan.

    Sementara kata Yarsi, bagi calon pendaftar yang memilih prodi umum dan agama sekaligus, UIN Jakarta menyelenggarakan SPMB Mandiri. Pada jalur ini, calon pendaftar dapat menemukan seluruh prodi yang ada di UIN Jakarta. Pendaftarannya melalui laman http://spmb.uinjkt.ac.id, dibuka mulai 20 April sampai 2 Juni 2015.

    Selain lima jalur tersebut, UIN Jakarta juga membuka jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) Khusus. Jalur ini khusus untuk peminat prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam, Tarjamah Bahasa Arab (keduanya di Fakultas Adab dan Humaniora), Perbandingan Agama, Aqidah-Filsafat, Tafsir-Hadis (ketiganya di Fakultas Ushuluddin), dan Dirasat Islamiyah (Fakultas Dirasat Islamiyah).

    “Penyelenggaranya fakultas masing-masing,” pungkasnya.[]

    - Advertisement -

    2 COMMENTS

    1. Assalamualaikum
      Kakak maaf saya mauu Tanya donk?
      Caraa daftar SBMPTN 2015 gmnaa, aku Gak ngertii caraa ya Kak
      Mohon info ya Kak, board bisa cepett daftar ya Kak
      Makasih
      Wassalam

    2. penghasilan orang tua dan pendidikan akhir orang tua berpengaruh atau tidak untuk diterima atau tidak diterimanya calon mahasiswa uin jakarta pada jalur mandiri?mohon infonya, terimakasih..

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here