More

    Telkom University Juara University Mobile Challlenge di Barcelona.

    Telkom University
    Telkom University

    BANDUNG, KabarKampus – Telkom University kembali mengharumkan nama Indonesia di ajang Internasional. Kali ini lewat Tim Brainstat dari Fakiltas Informatika (FIF) berhasil merebut posisi runner up, menyisihkan University of California Barkeley dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) dalam ajang University Mobile Challenge (UMC) 2015 di Barcelona.

    Inovasi yang mebawa mereka juara adalah adalah Integrated Transportation Safety (ITS). Inovasi ini merupakan aplikasi sistem keamanan transportasi terintegrasi yang diciptakan untuk meningkatkan keamanan pada sistem transportasi umum.

    Sebelum masuk babak final, tim Brainstat telah  berhasil melalui serangkaian proses seleksi secara online. Kemudian mereka dinyatakan berhak  mewakili Indonesia dan mengikuti grand final di Barcelona, Spanyol pada tanggal 1 – 5 Maret 2015.

    - Advertisement -

    Integrated Transportation Safety (ITS) sendiri dikembangkan  oleh Dody Qori Utama, ST.,MT, dosen Teknik Informatika Telkom University beserta timnya yang sebagian besar mahasiswa. Mereka adalah Annisa Riyani, Nanda Budi, Masyithah Nur, Febriana Sawitri, Alfian Akbar, David Mushthofa dan dr. Tauhid Nur Azhar, M.Kes, Ph.D.

    Menurut Dody, ITS adalah sistem keamanan transportasi yang terintegrasi dimana  Brainstat salah satu bagiannya. Alat ini mampu melakukan pemetaan dan pengawasan kondisi transportasi, meliputi pengawasan terhadap posisi kendaraan, kondisi mesin kendaraan dan kondisi pengemudinya. Brainstat  inilah yang bekerja mengawasi kondisi pengemudi, apakah ia dalam kondisi fit, mengantuk, mabuk, atau stress. Brainstat menjadi awal mula pengembangan Integrated Transportation Safety karena telah dikembangkan Dody sejak tahun 2010.

    “Integrated Transportation Safety mendeteksi posisi kendaraan. Kemudian mendeteksi kondisi kendaraan dan kondisi pengemudi. Misalnya kondisi mesin overheat, supir mengantuk atau posisi kendaraan salah jalur,” papar Dody.

    Kemudian menurut Dody, informasi tersebut dikirim ke server melalui teknologi radio frequency. Selanjutnya informasi dipetakan sehingga menjadi Blackbox  online dan  memudahkan pemantauan.

    Blackbox online ini kata Dody, bisa diterapkan di transportasi umum seperti pesawat, kereta api, kapal laut, bis, dan mobil. Hal ini memungkinkan untuk mendeteksi anomali sebelum terjadi kecelakaan dan interupsi kalau ada masalah.

    UMC 2015 merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Applied Innovation Institute. Dalam UMC 2015, tim Tel-U bertanding dengan kampus-kampus terbaik dunia seperti dari Pace University, UT Austin, Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan University of California, Berkeley, Amerika Serikat.

    Selain itu, Tel-U juga bertanding dengan universitas lainnya seperti, University of Capetown Afrika Selatan, University of Waterioo Kanada, Nanyang Technical University, Singapura, Tallinn University of Technology, Estonia, dan universitas internasional lainnya. Event ini juga merupakan serangkaian Mobile World Congress, pertemuan tahunan terbesar industri mobile.[]

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here