More

    Pekan Komunikasi UI 2015 “Communicate for a Cause”

    17 04 2015 Pekan Komunikasi 2015Besarnya animo peserta dari tahun ke tahun membuat Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI bertekad untuk terus melanjutkan event komunikasi terbesar se-Indonesia, Pekan Komunikasi. Dan tahun ini, Pekan Komunikasi kembali diselenggarakan pada 20 – 24 April 2015 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok.

    Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007, Pekan Komunikasi telah menjadi magnet bagi mahasiswa dan experts komunikasi di seluruh penjuru Indonesia sebagai wadah edukasi dan apresiasi bagi warga komunikasi.  Setiap tahunnya, kurang lebih 100 universitas bergabung dan mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti berbagai rangkaian kegiatan Pekan Komunikasi.

    Berkaca dari kesuksesan di tahun-tahun sebelumnya, Pekan Komunikasi 2015 kini hadir dengan mengusung warna berbeda. Melalui tema “Communicate for a Cause”, Pekan Komunikasi 2015 mengajak generasi muda untuk bergerak dan menemukan formula yang cemerlang dengan mengandalkan aktivitas komunikasi berbasis media 2.0 dan cara-cara lain yang inovatif dan kreatif demi mendorong sebuah pergerakan dan perubahan sosial yang berarti bagi kehidupan.

    - Advertisement -

    Sesuai tradisi, HMIK UI menyuguhkan berbagai mata lomba dan acara—terdiri dari workshop, seminar, dan company visit—dalam Pekan Komunikasi 2015 sebagai terapan dari lima disiplin ilmu komunikasi, di antaranya Penyiaran (Creabo – Create and Broadcast), Kajian Media (Media Matters), Jurnalisme (Journalight), Periklanan (AdWar), dan Hubungan Masyarakat (PRVaganza).

    Crebo- Creater and Broadcast

    Creabo akan hadir dengan tema “Catching Up with Media Convergence” dan akan banyak membahas ide penyiaran masa depan berupa konvergensi media dalam rangkaian kegiatannya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Creabo kembali mengadakan lomba festival film, dan yang terbaru, lomba desain program anak, dengan juri scriptwriter ternama Indonesia, Key Mangunsong. Untuk para penggiat seni kreatif, Creabo menghadirkan seminar berjudul “Making Creativity Financially Sustainable” untuk menjaga karya agar tetap sustained dari segi keuangan.

    Journalight

    Sebagai bentuk perhatiannya terhadap kesejahteraan daerah, Journalight hadir dengan tema “Decentralizing the News”—membahas peningkatan produksi berita daerah dengan mengandalkan kontribusi warga dalam bentuk jurnalisme warga. Para expert komunikasi seperti Thomas Herda M. (Senior Produser NET 10), Tantyo Bangun (Fotografer/Jurnalis dan Chairman Yayasan IAR Indonesia), dan Dede Apriadi (Pemimpin Redaksi NET TV) akan dihadirkan sebagai pembicara dalam workshop dan seminar, sekaligus juri untuk lomba “Aware of the Local Situations, Build Up a Better Nation”.

    Media Matters

    “Break the Stereotype”, itulah tema besar yang diusung oleh Media Matters untuk membongkar isu-isu stereotip dalam keseharian masyarakat. Akan ada Lomba Pop Media Practice “Challenge the Stereotype” dan seminar “World Against Women: Ending Bigotry” yang akan mendatangkan Mariana Amiruddin, Leanika Tanjung, dan Remotivi sebagai pembicara. Para peserta lomba juga akan berkesempatan untuk melakukan company visit ke Komunitas Marjinal Taring Babi.

    AdWar

    Dengan mengusung tema “Valuing the Millennials”, AdWar akan mengupas tuntas strategi pemasaran yang efektif dan inovatif bagi generasi millennials sebagai pihak yang paling berpengaruh terhadap pergerakan sosial dan ekonomi. Seminar dan workshop-nya akan mengundang experts periklanan ternama seperti Sandila Ekaputri dan Daniel Siswandi dari J. Walter Thompson Jakarta sebagai pembicara. Lomba AdWar The Battlefield juga akan menghadirkan Paramita Mohamad, Chief Strategy Officer LOWE Indonesia, sebagai juri.

    PRVaganza

    Sementara PRVaganza akan mengajak mahasiswa dan experts yang terlibat untuk berkomunikasisesuai tujuan sosial melalui aktivitas social marketing sebagai salah satu bentuk CSR dalam meningkatkan hubungan dan memberikan kesan yang mendalam bagi masyarakat. Semuanya terrangkum dalam tema “Leaving Lasting Deep Impression” yang akan menghadirkan lomba “Creating Lasting Impact” serta seminar dan workshop bersama pembicara sekaligus ahli PR terkemuka seperti Maria Dewantini (Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk.) dan Marsha Suryawinata (Deputy Manager Edelman Indonesia).

    Commweekend

    Terakhir dan yang paling ditunggu-tunggu adalah Commweekend, yaitu malam puncak apresiasi kepada para peserta, khususnya pemenang Pekan Komunikasi 2015. Tahun ini, Commweekend akan mengajak seluruh tamu larut dalam suasana hangat dan romantis kota Kyoto, Jepang. Akan ada pertunjukan drama spesial “Kisah Dewa Hikoboshi dan Dewi Orihime” serta penampilan musik dari Wedgaf, Syncopation, Like A Boss, dan Fonètics. Stand-up comedian Hadi Mandi juga akan memeriahkan acara penganugerahan dan penutupan Pekan Komunikasi yang akan diselenggarakan pada 24 April 2015 di Pusat Studi Jepang UI. Acara ini terbuka untuk umum.

    Untuk informasi mengenai jadwal acara dan detail lainnya, kunjungi website Pekan Komunikasi 2015 http://www.pekankomunikasi.org atau follow Twitter dan Instagram @pekankomunikasi dan like

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here