More

    Unpad Luncurkan Prototipe Mobil Listrik dan Stasiun Pengisian Listrik Umum

    Prof Ganjar, Rektor Unpad meresmikan mobil listrik dan stasiun pengisian listrik umum. Dok UNpad
    Prof Ganjar, Rektor Unpad meresmikan mobil listrik dan stasiun pengisian listrik umum. Dok Unpad

    BANDUNG, KabarKampus – Universitas Padjajaran (Unpad) meluncurkan prototipe mobil listrik dan stasiun pengisian listrik umum (SPLU).  Prototipe ini akan digunakan di dalam kampus sebagai bagian dari pelaksanaan program green campus di Unpad.

    Inovasi peneliti Unpad ini diresmikan oleh Prof Ganjar Kurnia, Rektor Unpad di kampus Unpad Jatinangor, Selasa, (07/04/2015) lalu. Prototipe mobil listrik di Unpad rencananya akan digunakan untuk mengakut sampah di lingkungan kampus Unpad Jatinangor

    Ir. Mimin Muhaemin, M.Eng., PhD , Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad, mengatakan, mobil bertenaga listrik ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil di lingkungan kampus Jatinangor. “Ini baru tahap pertama, tahun depan kita rencanakan untuk membuat mobil hybrid,” jelasnya.

    - Advertisement -

    Selain itu sampah yang dibawa mobil listrik ini nantinya diolah untuk dihasilkan energi. Dalam hal ini, pengolahan sampah dari energi dilakukan di Rumah Mandiri Energi yang diinisiasi oleh tim dari prodi Fisika FMIPA Unpad . Rumah energi tersebut berlokasi di belakang Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.

    “Di Rrmah tersebut kita integrasikan energi matahari, angin, biogas, dan sampah. Kami sudah menghasilkan 24 ribu watt,” ujar Dr. Eng. Camellia Panatarani, M.Si, dosen prodi Fisika FMIPA.

    Dengan demikian, katanya listrik yang dihasilkan tersebut dapat digunakan untuk alternatif pemenuhan listrik di Jatinangor, termasuk di antaranya menjadi sumber daya di SPLU.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here