More

    63 Peneliti UI Masuk Jajaran Top Scientist Indonesia

    02 07 2013 ilustrasi kampus uiDEPOK, KabarKampus – Sebanyak 63 peneliti Universitas Indonesia (UI) masuk dalam jajaran Top 750 Scientist Indonesia. Kemuculan nama-nama para Scientis terbaik Indonesia ini dirilis oleh Webometric Ranking of World  University versi Google Scholar Citations (GSC) per Mei 2015.

    Para ilmuwan tersebut menggeluti beragam keilmuan seperti ilmu komputer, teknik mesin, ilmu fisika nanopartikel, teknik perkapalan, ilmu antropologi dan lainnya. Salah satu seniman tersebut adalah Prof. Dr. Terry Mart yang merupakan Guru Besar Ilmu Fisika UI yang memfokuskan penelitiannya pada bidang Fisika Nuklir dan Ekonofisika.

    Terry Mart telah menghasilkan tidak kurang dari 117 publikasi ilmiah dan berkomitmen untuk meningkatkan budaya riset ditengah-tengah mahasiswa UI khususnya program studi fisika. Ia menginginkan munculnya budaya malu di pribadi seorang dosen ataupun mahasiswa tidak ikut melakukan penelitian.

    - Advertisement -

    Selain itu, ilmuwan lainnya yang masuk dalam jajaran ilmuwan terbaik Indonesia adalah Dr. Suraya Afiff, seorang Antropolog Indonesia dari UI yang saat ini menjabat sebagai Ketua Pusat Kajian Antropologi UI. Suraya Afiff fokus pada penelitian terkait isu kepemilikan lahan, konflik tanah dan sumber daya alam, perubahan iklim, tata kelola hutan, gerakan lingkungan dan agraria serta manajemen berbasis masyarakat.

    Top 750 Scientist Indonesia merupakan daftar ilmuwan yang disusun oleh  Webometric berdasarkan jumlah karya/publikasi ilmiah yang terdapat dalam database GSC per Mei 2015. Google Scholar atau Google Cendekia merupakan mesin pencari khusus untuk materi pendidikan yang didalamnya termasuk Jurnal Imiah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Tugas akhir, Makalah dan karya ilmiah lainnya.

    Google Scholar mampu menampilkan materi edukatif yang berasal langsung dari sumbernya sehingga isi dapat dipertanggungjawabkan. Saat ini database Google Scholar tersebut memuat tak kurang dari 160 juta dokumen. Untuk melihat daftar Top 750 Scientist in Indonesia dapat mengunjungi lamanhttp://www.webometrics.info/en/node/96.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here