More

    Australia Akan Deportasi Puluhan Pekerja Ilegal Malaysia

    ABC AUSTRALIA NETWORK
    Kallee Buchanan dan Marty McCarthy
    Pemerintah Australia menggelar operasi secara nasional untuk memberantas penyalahgunaan visa pekerja asing terutama di daerah perkebunan. Sebanyak 38 pekerja asing terdeteksi, 37 di antaranya berasal dari Malaysia.

    Menteri Imigrasi Peter Dutton mengatakan sebanyak 120 petugas gabungan turun ke lapangan dalam Operation Cloudburst, dan melakukan pemeriksaan di berbagai lokasi.

    Para petugas tersebut menemukan 22 orang pekerja ilegal di wilayah pertanian Gatton, sekitar 90 kilometer dari Brisbane. Dari keseluruhan yang didata tersebut , dua di antaranya dituduh merupakan oknum calo penyalur tenaga kerja ilegal.

    - Advertisement -

    Menteri Dutton mengatakan, para pekerja asing ini cukup kooperatif namun sebagian kecil ada yang melakukan pelanggaran hukum.

    “Pemerintah Australia tegas mengatakan kepada mereka, kami tidak akan membiarkan anda menyalurkan pekerja untuk bekerja secara ilegal di negara ini,” katanya.

    Sementara Senator Michaelia Cash yang juga menjabat Wakil Menteri Imigrasi Australia menjelaskan data yang diperoleh dari penggerebekan ini akan dipergunakan untuk penyelidikan lebih lanjut.

    “Ini akan ditindaklanjuti dengan kemungkinan mengajukan tuntutan ke pengadilan,” katanya.

    Senator Cash menegaskan, orang yang mempekerjakan pekerja ilegal terancam denda 20.400 dolar (Rp 200 juta lebih) untuk setiap pekerja yang mereka gunakan. Sementara untuk perusahaan dendanya 102 ribu dolar (Rp 1 miliar lebih).

    Senator Cash menjelaskan, dari 31 pria dan 7 wanita yang kedapatan bekerja secara ilegal hanya 1 yang berasal dari China. Sisanya semua berasal dari Malaysia.

    “Jika mereka merupakan pekerja ilegal atau bekerja melanggar ketentuan visa mereka, maka kami akan mendeportasinya,” katanya. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here