More

    Mahasiswa Undip Teliti Rahasia Stamina Pendaki Gunung

    Tim peneliti lumba gunung. Dok. Undip
    Tim peneliti lumba gunung. Dok. Undip

    SEMARANG, KabarKampus – Aktivitas mendaki gunung adalah aktivitas yang membutuhkan kondisi fisik yang prima. Tanpa persiapan memadai, bisa mengantarkan bahaya.

    Dari pengamatan terhadap aktivitas mendaki gunung, mahasiswa Universitas Diponegoro meneliti kandungan Lumbah Gunung atau Cruculigo Latifolia Dryand. Tanaman tersebut ditemukan  di daerah dataran tinggi di Gunung Merbabu.

    Raisha Selviastusi, mahasiswa FKM Undip yang juga ketua tim peneliti menuturkan, Lumbah Gunung memiliki protein curculin yaitu sweet protein dan kandungan air sebesar 89,88 %.  Tanaman ini bisa langsung dimakan seperti buah biasa. Selain itu bisa juga di kupas kulitnya atau kulitnya buahnya bisa dicampurkan ke dalam minuman.

    - Advertisement -

    “Tumbuhan ini tumbuh subur di hutan tropis.  Di Indonesia sendiri tumbuhan ini sering ditemukan di lereng- lereng gunung,” imbuhnya.

    Ia menuturkan, mereka sudah melakukan beberapa uji terhadap buah ini. Seperti uji DNS dan uji proksimat. Mereka juga telah menguji khasiat tanaman ini kepada para pendaki di lapangan.

    Selanjutnya kata Raisha, setelah meneliti tanaman yang memiliki rasa manis ini didapat bahwa tanaman ini bisa mencegah dehidrasi serta rasa lapar. Selain itu rasa manis tanaman ini akan bertahan selama sekitar 10 menit di dalam mulut.

    “Apapun yang dimasukkan ke dalam mulut setelah memakan buah ini apapun jadi manis dan kandungan airnya dapat menghilangkan rasa haus,” kata Sulaeman, Pendaki Merbabu yang mencoba tanaman ini.

    Dalam melakukan penelitian ini, Raisha tak sendiri ia dibantu oleh Umi Ardiningsih (FKM,2012), Ditya Aprilia (FSM,2012), dan Meizza Hayyu Putri (FKM,2011).[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here