More

    Pendaftaran SBMPTN 2015 Telah Dibuka

    Universitas Indonesia. Foto. Ahmad Fauzan
    Universitas Indonesia. Foto. Ahmad Fauzan

    Pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN 2015 (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) telah dibuka mulai dari tanggal  11 Mei  2015 sampai dengan 29 Mei 2015 (Pk.22.00 WIB). Para pendaftar dapat mendaftar secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id. SBMPTN 2015.

    Pendaftaran SBMPTN ini dapat diikuti oleh siswa lulusan pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK) dan sederajat, termasuk Paket C tahun 2013, 2014, dan  2015. SBMPTN 2015 diikuti oleh 74 PTN di Indonesia dimana ujian SBMPTN 2015 akan dilaksanakan pada 09 – 11 Juni 2015.

    Rifelly Dewi Astuti, SE, MM Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia mengatakan, UI mengalokasikan sekitar 1.300 kursi bagi calon mahasiswa UI dari jalur SBMPTN 2015.

    - Advertisement -

    “Sebagai upaya memberikan informasi selengkap-lengkapnya bagi para calon mahasiswa PTN, Universitas Indonesia (UI) bersama dengan tiga PTN lainnya yaitu Universitas Negeri jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) dan Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jakarta (UPN) yang tergabung sebagai Panitia Lokal (Panlok) 30 Jakarta – wilayah I menggelar SBMPTN 2015 Info Day bertempat di Balairung UI kampus Depok pada Rabu, 13 Mei 2015 (Pk.8.00-16.00),” ungkap Rifelly.

    Menurutnya  SBMPTN 2015 Info Day merupakan ajang sosialisasi SBMPTN bagi para siswa SMA/Sederajat maupun alumni yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi melalui  SBMPTN. Adapun, rangkaian kegiatan SBMPTN 2015 Info Day terdiri atas Pemaparan  informasi SBMPTN ; Tata cara pendaftaran ; Tips memilih Program Studi ; Tips dalam mengikuti ujian SBMPTN ; Tata cara ujian keterampilan ; Pengenalan kampus UI ; Pengenalan kampus UNJ ; Pengenalan kampus UIN dan Pengenalan kampus UPN.

    Bagi para calon mahasiswa yang ingin mengikuti SBMPTN 2015 harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan memilih wilayah ujian yang dilakukan secara online. Biaya seleksi peserta SBMPTN 2015 adalah Rp 100.000 yang dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri dan Bank BNI. SBMPTN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh PTN satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Peserta SBMPTN 2015 dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 program studi.

    Jika peserta hanya memilih satu prodi, peserta dapat memilih PTN di manapun. Namun jika peserta memilih dua atau tiga prodi, salah satu pilihan prodi harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian tertulis. Poin-poin yang akan diuji pada SBMPTN 2015 adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) ; Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD SAINTEK) dan atau Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD SOSHUM).

    Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan. Info lebih lanjut mengenai SBMPTN 2015 dapat mengunjungi situs resmi di http://www.sbmptn.or.id/.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here