More

    Fakta! Perempuan Kurang Termotivasi Berolahraga

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Survei menemukan 51 persen mengatakan mereka kurang termotivasi untuk berolahraga.FOTO : iStockPhoto/ViktorCap
    Survei menemukan 51 persen mengatakan mereka kurang termotivasi untuk berolahraga.FOTO : iStockPhoto/ViktorCap

    Sebuah survei di Melbourne menemukan banyak warga yang enggan berolahraga bukan karena tidak memiliki waktu, namun justru karena kurang motivasi. Terungkap bahwa kelompok perempuan lebih kurang termotivasi dibanding kelompok pria.

    Survei itu dilakukan lembaga kesehatan di negara bagian Victoria, VicHealth. Menurut Direktur Eksekutif VicHealth Jerril Rechter, temuan ini cukup mengejutkan karena biasanya yang menjadi alasan adalah karena kita tidak memiliki waktu berolahraga.

    - Advertisement -

    Dalam survei terhadap 2.018 warga Victoria, ditemukan 51 persen setuju bahwa kurangnya motivasi menjadi alasan mengapa mereka kurang aktif dan ini lebih banyak menjadi masalah bagi wanita dibandingkan pria.

    “Kami menemukan wanita di Victoria besar kemungkinan akan kurang motivasi olahraga dibandingkan pria, dan memperhatikan kegiatan fisik dan juga biaya yang harus dikeluarkan lebih menjadi masalah bagi wanita dibandingkan pria.” kata Rechter.

    “Ini sesuatu yang harus kita lakukan bersama guna memastikan setiap warga aktif melakukan kegiatan fisik setiap hari.”

    Rechter mengatakan ‘mentalitas berteman’ akan meningkatkan motivasi untuk berkegiatan, dengan 57 persen mengatakan mereka akan ambil bagian dalam kegiatan fisik bila melakukannya dalam kelompok atau dengan pasangan.

    “Kita harus berusaha memastikan bahwa mereka bisa berpartisipasi dalam kegiatan fisik di tempat dan waktu yang mereka inginkan, entah itu di dekat rumah atau di dekat tempat kerja dan dengan biaya yang membuat tidak ada lagi alasan mereka tidak berpartisipasi.”

    VicHealth mengatakan yang juga harus dilakukan adalah ‘menghilangkan pendapat’ bahwa melakukan kegiatan olahraga mahal dan menghabiskan waktu.

    Menurut Rechter, setiap orang secara rata-rata harus melakukan kegiatan fisik selama 30 menit per hari. “Bisa saja dengan jalan kaki di taman, membawa anjing jalan atau malah mengadakan rapat di kantor sambil jalan.” kata Rechter.

    “Tidak harus latihan fisik berat, namun penting sekali detak jantung lebih meningkat beberapa kali dalam seminggu.” katanya. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here