More

    Merawat Rantai Dengan Pelumas Otomatis Buatan Mahasiswa UGM

    Pelumas motor otomatis buatan mahasiswa UGM. Dok. UGM
    Mahasiswa UGM kembangkan pelumas otomatis untuk sepeda motor. Dok. UGM

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Rantai sepeda motor adalah salah satu komponen motor yang wajib dirawat secara berkala. Hal itu dilakukan untuk menjaga keawetan rantai atau membuatnya lebih tahan lama. Namun tidak sedikit orang yang melupakan perawatan rantai motor tersebut.

    Kondisi ini mendorong sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada untuk membuat sebuah alat yang mempu memberikan pelumasan sepeda motor secara otomatis. Alat tersebut dinamakan Automatic Chain Lubrication (ACILATOR).

    Sejumlah mahasiswa mahasiswa yang mengembangkan alat ini adalah Saiful Afandi (Teknik Mesin), Azis Fajar (Teknik Mesin), Anindar Naufal (Teknik Industri), Bagas Eko (Elins), dan Firda Auliya (Teknik Industri). Malalui alat yang mereka buat, rantai sepeda motor dapat dilumasi secara berkala dan otomatis.

    - Advertisement -

    Menurut Saiful Afandi, alat dapat digunakan dengan memasangnya pada sproket roda belakang sepeda motor. Teknologi yang digunakan adalah microcontroller dan bluetooth yang dapat diintegrasikan dengan software ACILATOR Application berbasis android. “Dengan begitu bisa melumasi rantai motor secara berkala sesuai dengan standard yang telah ditetapkan dan dapat diatur ulang,” jelasnya.

    Oleh karena itu, kata Saiful, apabila alat ini telah terpasang maka secara otomatis rantai akan terlumasi  tanpa membutuhkan tambahan tenaga untuk perawatan pada kendaraan. Sehingga dengan alat ini pengguna akan diuntungkan dengan memiliki umur rantai yang lebih lama karena.

    “Penggunaan alat ini dapat mengurangi kemungkinan kerusakan dan bisa menjaga umur penggunaan rantai sepeda motor,”katanya.

    Anindar Naufal menambahkan, saat ini, mereka tengah melakukan pengujian untuk memastikan kembali kelancaran alat dalam bekerja. Pengecekan ulang dilakukan pada perangkat keras maupun perangkat lunak ACILATOR sehingga terintegrasi dengan baik dan rapi. Dan dari hasil uji coba tersebut  menunjukkan hasil yang cukup baik dan penggunaan ACILATOR sudah lancar digunakan dalam mode manual maupun otomatis yang dioperasikan dengan software.

    “Alat telah siap, hanyak kurang kami rapikan beberapa bagian agar lebih esteteik” tambah Anindar Naufal.

    Selanjutnya Anindar menjeleaskan, pemilihan aplikasi alat pada rantai sepeda motor ini merupakan model awal. Kedepan, selain digunakan pada rantai sepeda motor, ACILATOR diharapkan dapat diterapkan pada sistem lain yang menggunakan rantai.

    “Bisa digunakan untuk melumasi rantai pada mobil, lift, escalator, conveyor, backhoe dan lainnya yang termasuk susah untuk melakukan pelumasan manual karena perlu keahlian khusus untuk membongkar dan membutuhkan biaya besar untuk proses perawatan,”urainya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here