More

    Rehat Sejenak di Kolam Jernih Umbul Pajangan

    Hartanto Ardi saputra

    Sejumlah mahasiswa berenang di Umbul Pajangan, Sleman. FOTO :   Hartanto Ardi saputra
    Sejumlah mahasiswa berenang di Umbul Pajangan, Sleman. FOTO : Hartanto Ardi saputra

    Setelah disibukkan dengan berbagai kegiatan akademik di kampus, ada baiknya meluangkan waktu sejenak untuk berenang di Umbul Pajangan. Apalagi mahasiswa akan menghadapi Ujian Akhir dan libur panjang semester genap.

    Umbul Pajangan merupakan kolam renang yang terletak di Dusun Saren, Widomartani, Ngemplak, Sleman. Jaraknya sekitar 10 Kilometer dari Kota Yogyakarta.

    - Advertisement -

    Kolam ini berbentuk persegi panjang dengan luas sekitar 42 meter. Di tengah kolam tersebut terdapat sumber mata air. Kedalamannya mencapai 1,5-2 Meter.

    Kesempatan rehat dan berenang di Umbul Pajangan ini dimaanfaatkan mahasiswa dari kota Yogykarta. Salah satunya adalah Aditya Gilang, mahasiswa Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Yogyakarta.  Mahasiswa semester 12, jurusan Manajemen ini mengaku sudah tiga kali berenang di Umbul Pajangan karena murah.

    “Jelas di sini lebih murah ketimbang kolam renang yang ada di Kota Yogya. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000-5.000,” ujar mahasiswa yang berasal dari Kebumen ini.

    Selain Aditya, mahasiswa yang berenang di kolam ini adalah Painus Paepoa, mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS). Painus mengaku memilih Umbul Pajangan sebagai tempat rehat sebelum menjalani Ujian Akhir Semester.

    “Sekarang saya bersantai dulu sebelum besok tanggal 20 Juni mulai UAS,” ujar mahasiswa jurusan Pertambangan ini.

    Painus juga kagum pada keindahan alam Umbul Pajangan. Ia telah berulang kali berenang di tempat ini. “Di sini sejuk, airnya alami dari mata air. Tidak mengandung Kaporit,” katanya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here