More

    The 6th International Work Camp 2015

    poster coming soonLeprosy Care Community mempersembahkan The 6th International Work Camp 2015: “Sharing Togetherness”. Acara ini akan digelar pada 11 – 25 Agustus 2015 di Desa Nganget, Tuban, Jawa Timur.

    Kegiatan ini terdiri dari Social Acivity, Welcoming Party, Home Visit, Day with Villagers, Independence day with Villagers, Cultural Night Sharing, Work Project, Education Program, Eduhealth, Kerja Bakti bersama warga, dan Farewell party. Peserta terdiri dari 24 mahasiswa Indonesia dari UI, UNDIP, UGM, ITB, UNAIR, UIN Sunan Ampel, UNEJ, UNBRAW dan 11 mahasiswa Jepang yang tergabung dalam Friends International Work Camp, Jepang

    Home Visit

    - Advertisement -

    Home Visit adalah salah satu kegiatan utama, yaitu kegiatan berkunjung ke rumah warga yang pernah mengalami kusta yang dilakukan secara rutin dan berkelompok dengan tujuan membangung silaturahmi yang erat antar relawan dan warga. Diharapkan melalui kegiatan ini, para relawan dapat memenuhi kebutuhan orang yang pernah mengalami kusta untuk berinteraksi dan dapat menumbuhkan rasa empati tiap relawan sehingga timbul kepedulian untuk mengurangi diskriminasi dan stigma negatif terhadap orang yang pernah mengalami kusta.

    Work

    Work adalah kegiatan mereparasi sarana dan prasarana yang dapat menunjang keberlangsungan hidup warga desa Nganget. Objek kegiatan work pada tahun ini adalah memperbaiki sarana permandian air panas yang sering digunakan orang yang pernah mengalami kusta di desa Nganget. Kegiatan work ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara relawan dengan warga dengan cara melakukan kegiatan work bersama-sama.

    Camp

    Camp merupakan kegiatan para relawan The 6th Nganget International Work Camp 2014 menetap selama 12 hari di sebuah bangunan yang sudah tidak terpakai, namun masih layak huni yang berada di lingkungan di desa Nganget. Lokasi yang berdekatan antara camp dan rumah warga akan memungkinkan tercipta hubungan yang lebih erat. Pada kegiatan ini akan dilakukan sub kegiatan yaitu Cultural Night Sharing (kegiatan pertunjukan pertukaran budaya Indonesia dan Jepang), Morning Exercises (kegiatan senam atau olahraga ringan setiap pagi hari selama workcamp), Daily Cooking (kegiatan memasak untuk konsumsi seluruh peserta), Campers to campers Time (kegiatan peserta yang bertujuan untuk mengeratkan sesama peserta), Sharing Moments (kegiatan dimana peserta melakukan sharing tentang kegiatan pada hari tersebut), dan The 6th Nganget International Work Camp 2015 Awards (pemberian kenang-kenangan untuk peserta yang memenuhi kriteria tertentu).

    Education Program

    Education Program adalah kegiatan pengembangan diri kepada anak-anak warga Nganget yang akan dilaksanakan oleh seluruh peserta The 6th International Work Camp 2015 sebagai fasilitator.

    Fun Activities

    Fun Activities bertujuan untuk menghibur warga Nganget dan mempererat hubungan antar-peserta The 6th International Workcamp 2015 dengan menghabiskan waktu bersama dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan. Adapun fun acitivities meliputi:

    Welcoming Party

    Welcoming Party adalah kegiatan perkenalan diri peserta kepada warga Nganget, dalam rangka menyampaikan maksud dan tujuan diadakan 6th International Work Camp 2015 serta meminta perizinan secara langsung untuk menetap dan beraktivitas di desa Nganget selama 12 hari.

    A Day With Villagers

    A Day with Villagers merupakan kegiatan untuk mempererat hubungan antara peserta dengan warga. Pada kegiatan ini, peserta akan dipecah menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 2 sampai 3 orang, kemudian setiap kelompok mengunjungi satu, atau maksimal dua rumah warga dan menghabiskan waktu selama kurang lebih 5 jam (mulai pukul 13.00 sampai 18.00) di rumah warga tersebut. Peserta tidak diperkenankan kembali ke basecamp sebelum waktu yang telah ditentukan, kecuali untuk hal-hal tertentu yang penting.

    Eduhealth

    Eduhealth merupakan kegiatan promosi kesehatan dengan tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

    Independence Day Celebration

    Independence Day Celebration merupakan kegiatan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang akan dilaksanakan pada tanggal 16-17 Agustus 2015 melalui berbagai lomba. Kegiatan ini akan melibatkan para peserta The 6th International Workcamp dan warga di desa Nganget dengan kriteria anak-anak dan dewasa.

    Kerja Bakti

    Kegiatan kerja bakti dilakukan oleh peserta dan warga Nganget. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan interaksi antara peserta dengan warga, serta untuk meningkatkan kebersihan lingkungan desa Nganget.

    Farewell Party

    Farewell Party adalah acara penutup dari kegiatan The 6th International Work Camp 2015 yang akan melibatkan seluruh peserta dan warga melalui berbagai pertunjukan seperti bernyanyi bersama, penampilan khusus dari setiap perwakilan universitas dan warga, dan tarian dari relawan. Dalam kegiatan ini, perwakilan peserta dari setiap universitas, baik peserta Indonesia dan Jepang, maupun warga akan diminta untuk memberikan kesan dan pesan atas penyelenggaraan The 6th International Work Camp 2015.

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here