More

    Usung Strategi Pemasaran Museum Geologi, Tim Tel- U Raih Juara 1 BMC

    Mahasiswa Tel U juara Bandung Museum Competition. Foto. Tel-U
    Mahasiswa Tel U juara Bandung Museum Competition. Foto. Tel-U

    BANDUNG, KabarKampus – Meski biaya masuk Museum Geologi tergolong murah, yaitu hanya dibandrol 2 ribu rupiah untuk pelajar dan 3 ribu rupiah untuk umum, namun masyarakat kurang peduli dengan museum. Berdasarkan survei yang dilakukan mahasiswa Telkom University, pengunjung cukup satu kali datang ke museum.

    Padahal padahal sekarang infrastruktur di museum sudah didukung dengan teknologi sehingga lebih menyenangkan. Apalagi museum yang berlokasi di kota Bandung ini merupakan satu-satunya museum di Indonesia yang memamerkan berbagai bebatuan kuno, fosil-fosil, mineral dameteri geologi lainnya. Museum yang berdiri sejak 16 Mei 1928 ini berkaitan erat dengan sejarah dan penelitian geologi dan tambang di wilayah Nusantara sejak pertengahan abad ke-17 oleh peneliti Eropa.

    Kondisi Museum Geologi yang menarik sedikit masyarakat tersebut, mendorong mahasiswa Telkom University yang tergabung dalam tim Siponly untuk membuat strategi pemasaran Museum Geologi dan diikutkan dalam Bandung Museum Competition (BMC).

    - Advertisement -

    “Strategi marketing yang dibuat oleh Siponly untuk Museum Geologi fokus membangun kesadaran masyarakat, tujuannya agar jumlah pengunjung meningkat. Strategi dirancang sedemikian rupa agar tidak berbenturan dengan aturan yang ada,” kata Rusvito, salah satu anggota tim.

    Ia menambahkan, Museum Geologi mempunyai kekuatan tersendiri karena koleksinya tidak bisa ditemukan di tempat lain. Sayangnya , infrastruktur teknologi belum merata di setiap ruangan museum.

    “Konsep marketing plan yang efektif dan efisien yang kami presentasikan adalah dengan mengadakan event, di musim liburan. Kemudian memanfaatkan publikasi melalui media sosial. Setiap strategi dibuat simple movement but high impact,” jelas Rusvito.

    Strategi pemasaran Museum Geologi yang diusung mahasiswa yang terdiri dari Selain Rusvito, Tim Siponly beranggotakan Michael Panjaitan (Mahasiswa Program Studi Teknik Industri 2011) dan Kartikasari (Teknik Industri 2012) ini pun membuat mereka berhasil menjadi juara pertama pada kompetisi Bandung Tourism Competition(BTC).

    Atas kemenangan ini Rusvito berharap, Museum Geologi bisa menjadi hiburan bagi keluarga karena banyak sekali manfaatnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here