More

    1.863 Mahasiswa Siap Ikuti Lomba MTQMN 2015 di UI

    M. Anies, Rektor UI (Kiri) bersama Dr. Arman Nefi, Ketua Pelaksana MTQMN XIV.
    M. Anies, Rektor UI (Kiri) bersama Dr. Arman Nefi, Ketua Pelaksana MTQMN XIV.

    DEPOK, KabarKampus – Sebanyak 1.863 mahasiswa dari 67 Perguruan Tinggi di Indonesia siap mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV di kampus Universitas Indonesia, Depok. Ajang yang terselenggara berkat kerjasama UI dan Kemenristek Dikti ini akan berlangsung dari tanggal 1 – 8 Agustus 2015.

    Sejumlah Perguruan Tinggi yang berpartisiapasi diantarannya; UI sebagai tuan rumah, ITB, UGM, Universitas Syiah Kuala, Universitas Tadulako, Universitas Negeri Papua, dan Binus University. Para mahasiswa dari Perguruan Tinggi tersebut akan bertanding di 13 jenis musabaqah yang dilombakan, antara lain Debat Pengetahuan Alquran dalam bahasa Inggris, Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Tartilil Quran, Musabaqah Qiraat Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Quran untuk 1, 5 dan 10 Juz serta Musabaqah Khaththil Quran.

    Dr. Arman Nefi, SH, MM, Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQMN XIV menuturkan, jumlah peserta MTQMN tahun ini mengalami peningkatan 20 -30 persen. Dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya hanya sekitar 130 orang.

    - Advertisement -

    “Tahun ini merupakan MTQMN terbanyak selama 13 tahun digelarnya MTQMN,” kata Dr. Arman di kampus UI, Senin, (27/07/2015).

    Menurut Dr. Arman, selain jumlah perserta terbanyak, MTQMN kali ini juga menjadi MTQMN terbesar baik dari jumlah Perguruan Tinggi maupun bidang yang dilombakan. Salah satu lomba yang tergolong baru adalah lomba desain aplikasi Alquran berbasis komputer.

    Dr. Arman menuturkan, MTQMN XIV terbuka bagi mahasiwa aktif program Diploma, Strata 1 atau Strata 2 dengan usia maksimum 24 tahun. Ia berharap melalui perlombaan tersebut dapat memicu mahasiswa UI dan mahasiswa  Perguruan Tinggi di Indonesia lainnya menjadi mahasiswa berilmu namun tetap memegang teguh keketaqwaan, berakhlak mulia, cakap, kreatif, dan sebagainya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here