More

    KKN, Mahasiswa UBH Isi Ceramah Tarawih

    Mahasiswa UBH berikan ceramah saat KKN di bulan Ramadhan. Foto.  UBH
    Mahasiswa UBH berikan ceramah saat KKN di bulan Ramadhan. Foto. UBH

    PADANG, KabarKampus – Mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di bulan Ramadhan tidak menjadi masalah bagi mahasiswa Universitas Bung Hatta, Padang. Justru kesempatan tersebut dimanfaatkan mahasiswa untuk memberikan ceramah di Masjid.

    Hal itu dilakukan sejumlah mahasiswa UBH. Salah satunya adalah Tomi Chandra, mahasiswa KKN – PPM UBH. Ia mengisi ceramah agama sebelum shalat tarawih di Masjid Al Azhar di Nagari Sabu, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

    Dalam ceramahnya Tomi mengajak masyarakat untuk memiliki sifat jujur yang mencerminkan sifat nabi Muhammad Saw. Menurutnya, dengan berkata jujur maka hidup ini akan selamat.

    - Advertisement -

    “Kita juga akan mendapatkan berkah dari kejujuran kita apalagi saat di bulan Ramadan ini agar kita juga menjauhi dari sifat munafik. Semoga dengan tausyiah yang disampaikan ini dapat meningkatkan akhlak kita tentang kejujuran dalam bertutur dan bertindak,” imbuhnya mahasisa jurusan Sastra Inggris ini.

    Hal serupa dilakukan oleh Mahyuddin, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Kelurahan Koto Katiak, Kota Padang Panjang. Ia  memberikan Tausyiah kepada masyarakat mengenai seputar pendidikan Remaja dan pemuda di masa yang akan datang serta pengaruh dibalik kemajuan teknologi.

    “Masyarakat sangat antusias dan bersemangat untuk berkonsultasi setelah memberikan tausyiah ini. Semoga materi tausyiah yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga lebih bisa memperhatikan pendidikan anaknya,” ujar ketua kelompok mahasiswa KKN-PPM di Kelurahan Koto Katiak ini.

    Sementara itu, mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta di Nagari Batipuah Ateh melakukan pendekatan dan sharing kepada masyarakat dengan mengunjungi setiap musalla dan masjid yang ada di jorong Balai Mato Aie, Nagari Batipuh Ateh.

    Muhammad Rafi, Ketua Kelompok KKN-PPM di Nagari Batipuah Ateh menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekaligus melakukan berbagi pengetahuan yang dilakukan sebelum salat Tarawih di masjid dan bila di musalla dilaksanakan sesuadah salat Tarawih.

    “Masyarakat disini sangat membutuhkan bantuan dari mahasiswa untuk membantu permasalahan yang ada pada masyarakat dan mereka berharap program kerja yang dilakukan mahasiswa KKN-PPM ini dapat berkelanjutan,” ucap mahasiswa Teknik Sipil ini.[]

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here