More

    Mahasiswa UI Awetkan Ikan Dengan Gelombang Air Laut

    Model Vortex Tube Karya Mahasiswa UI.
    Model Vortex Tube Karya Mahasiswa UI.

    DEPOK, KabarKampus – Ikan sebagai produk utama hasil tangkapan para nelayan memiliki sifat yang mudah membusuk dibandingkan produk makanan jenis lainnya. Semakin buruk kualitas ikan maka daya dan harga jualnya pun semakin menurun dan menjadi tidak layak konsumsi.

    Oleh karena itu, pengawetan ikan menjadi proses yang penting dan utama bagi nelayan maupun pedagang ikan. Namun selama ini, pengawetan ikan dilakukan dengan menggunakan mesin pendingin yang membutuhkan energi listrik yang tidak sedikit. Banyak pula nelayan yang menggunakan batu es sebagai pendingin konvensional yang mudah dilakukan dan relatif murah. Sementara, es hanya dapat mempertahankan suhu rendah dalam waktu yang singkat.

    Berangkat dari permasalahan tersebut, tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil merancang sistem pendingin untuk mengawetkan ikan dengan memanfaatkan energi gelombang laut sebagai motor penggerak. Inovasi yang mereka tawarkan memiliki keunggulan hemat energi serta memanfaatkan energi terbarukan, mudah diaplikasikan dan relatif lebih murah.

    - Advertisement -

    Ketiga mahasiswa tersebut adalah Bintang Samudra, Dick Bernardi, dan Mario  Muhammad. Mereka merupakan mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UI angkatan 2012.

    Inovasi yang mereka buat tertuang dalam sebuah karya ilmiah bertajuk bertajuk ”Sistem Refrigerasi Vortex Tube untuk Pengawetan Ikan  Menggunakan Energi Gelombang Air Laut” di bawah bimbingan Dosen FTUI Ardiansyah, S.T., M.Eng.

    Bintang mengatakan, sistem yang mereka buat memungkinkan ikan terjaga kesegarannya dalam waktu dua hari. Kelebihan lainnya adalah sistem refrigrasi yang mudah pengaplikasiannya. Biaya pembuatan dan instalasi juga relatif murah. Selain itu sistem ini memungkinkan menampung ikan hingga satu ton.”

    “Potensi gelombang laut di Indonesia sangat besar. Dengan mengaplikasikan sistem ini, energi gelombang laut dapat digunakan sebagai penggerak kompresor sehingga dapat menghasilkan sistem pendinginan yang bersih dan terbarukan. Vortex tube juga memiliki sistem yang lebih praktis daripada metode pendinginan konvensional,” kata Bintang.

    Lebih lanjut Bintang berharap inovasi ini dapat membantu banyak nelayan di Indonesia serta dapat diaplikasikan bagi masyarakat pesisir yang dalam kesehariannya membutuhkan teknologi pendinginan. Namun menurutnya, sosialisasi perlu dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat di sekitar pesisir pantai untuk mempermudah penerapan teknologi ini dalam proses pendinginan ikan.

    Tak hanya sampai di sana, karya Bintang dan teman-temannya ini juga berhasil dipresentasikan dan mengantarkan tim ini meraih juara pertama dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Green Scientific Competition (LKTIN GSC) yang diselenggarakan oleh Engineering Research Club (EnerRC) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here