More

    Saksi Jehova Australia Diselidiki Terkait Pelecehan Seksual Anak

    ABC AUSTRALIA NETWORK
    Angela Lavoipierre

    Salah satu sidang pemeriksaan kasus pelecehan seksual oleh Royal Commission. FOTO : SBS
    Salah satu sidang pemeriksaan kasus pelecehan seksual oleh Royal Commission. FOTO : SBS

    Komisi Khusus Penyelidikan Penanganan Kasus Pelecehan Seksual Anak-anak (Royal Commission) melakukan pemeriksaan terhadap institusi Gereja Saksi Jehova Australia mulai Senin di Sydney (27/07/2015).

    Royal Commission sebelum telah menyelidiki bagaimana penanganan kasus pelecehan seksual anak-anak yang terjadi di berbagai institusi keagamaan lainnya, seperti di Panti Asuhan, Badan Amal, dan Gereja Katolik.

    - Advertisement -

    Objek yang diteliti mencakup kasus yang terjadi puluhan tahun silam, dan bagaimana penanganan yang dilakukan institusi tersebut terhadap kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak.

    Pemeriksaan ini akan berjalan selama dua pekan, akan menghadirkan dua saksi korban dan pejabat senior dari kalangan gereja Saksi JehovaI.

    Di Australia, Saksi Jehova diperkirakan memiliki sekitar 80 ribu pengikut.

    Pengacara Angela Sdrinis, yang mewakili sejumlah saksi yang mengaku sebagai korban menyatakan para saksi agak lambat muncul mengingat kultur dalam institusi tersebut.

    “Hanya dalam beberapa bulan terakhir sejumlah pengikut Saksi Jehova mendatangi saya,” kata Sdrinis. “Mereka mengaku mengetahui kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak di lembaga itu”.

    “Butuh keberanian besar untuk mengungkapkan pelecehan seksual anak-anak terutama yang terjadi di institusi keagamaan,” katanya. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here