More

    Tasmania Targetkan 50 Persen Pejabatnya Perempuan

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Menteri Urusan Wanita Tasmania, Jacquie Petrusma. FOTO : ABC AUSTRALIA
    Menteri Urusan Wanita Tasmania, Jacquie Petrusma. FOTO : ABC AUSTRALIA

    Berbagai jabatan pemerintahan di Tasmania, Australia, akan diisi oleh 50 persen perempuan dalam lima tahun mendatang. Saat ini pejabat pemerintahan dari kalangan perempuan sekitar 34 persen.

    Demikian dikatakan Menteri Urusan Wanita Tasmania Jacquie Petrusma saat mengumumkan strategi pencapaian keseimbangan gender hari Rabu (01/07/2015).

    - Advertisement -

    Menurut Petrusma, lembaga pemerintahan harus menjadi contoh.

    “Kesetaraan semua lapisan masyarakat sangat penting dalam mengurangi ketertinggalan, mendorong pertumbuhan ekonomi, menjalan pemerintahan demokratis dan mensejahterakan rakyat Tasmania,” katanya.

    “Kesetaraan ini terbukti sebagai aset bagi kalangan korporasi yang membawa dampak positif bagi kinerja dan produktivitas mereka, di samping juga penting bagi citra perusahaan,’ kata Menteri Petrusma.

    Dalam implementasinya, kata dia, penunjukan pejabat baru nantinya akan langsung menyesuaikan diri dengan proyeksi persentase target kesetaraan gender.

    Pemerintah setempat akan menyiapkan dana 150 ribu dolar bagi kaum perempuan untuk pelatihan kepemimpinan yang diperlukan. “Namun pemerintah tidak bisa mencapai hal ini tanpa dukungan semua pihak,” katanya.

    “Selain sering tidak diberi kesempatan, selama ini di masyarakat kita ada persepsi bahwa kepemimpinan itu urusan laki-laki,” jelasnya. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here