More

    Penampakan Kabakaran Hutan di Perbatasan Indonesia – Malaysia

    Kebakaran di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Sambas, Kamis (03/09/2015).
    Kebakaran di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Sambas, Kamis (03/09/2015).
    Pembakaran hutan di kawasan perbatasan Indonesia - Malaysia di Desa Temajuk, Sambas, Kamis (03/09/2015).
    Pembakaran hutan di kawasan perbatasan Indonesia – Malaysia di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Sambas, Kamis (03/09/2015).
    Cuaca yang panas memudahkan api menjalar cepat di kawasan hutan perbatasan Indonesia - Malaysia di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Sambas, Kamis (03/09/2015).
    Cuaca yang panas memudahkan api menjalar cepat di kawasan hutan perbatasan Indonesia – Malaysia di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Sambas, Kamis (03/09/2015).
    Pembakaran hutan untuk membuka lahan perkebunan sawit di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Sambas, Kamis (03/09/2015).
    Pembakaran hutan untuk membuka lahan perkebunan sawit di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Sambas, Kamis (03/09/2015).
    Kera ekor panjang salah satu primata yang hidup di kawasan hutan perbatasan Indonesia - Malaysia.
    Kera ekor panjang salah satu primata yang hidup di kawasan hutan perbatasan Indonesia – Malaysia.

    Hutan heterogen di kawasan perbatasan Indonesia – Malaysia tepatnya di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Sambas kini kondisinya memprihatinkan. Hutan dibakar untuk membuka lahan perkebunan sawit yang menjadi primadona Pemerintah Kabupaten Sambas.

    Kawasan ini pula telah menjadi pintu gerbang antara orang Indonesia dan Malaysia berhubungan. Baik itu hubungan ekonomi dan kultural. Namun sulitnya kehidupan membuat orang-orang di perbatasan mengambil langkah cepat dengan mengorbankan hutan.

    Hal inilah yang membuat keputusan hidup di kawasan perbatasan menjadi sulit.

    - Advertisement -

    Hutan di perbatasan Indonesia – Malaysia mulai dibakar dan diambil kayunya diperkirakan sejak tahun 1980-an. Saat itu perdagangan kayu menjadi primadona. Selain itu pengusaha sawit tengah melebarkan ekspansinya di hutan Kalimantan Barat. Inilah cikal bakal rusaknya hutan di kawasan perbatasan.

    Pemerintah Sambas pun hingga kini masih menganggap perkebunan sawit mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat di perbatasan.

    Membakar hutan adalah cara mudah untuk membuka lahan perkebunan. Sekali saja terjadi kebakaran maka ratusan hektar hutan akan musnah. Di hutan inilah dulunya satwa seperti orangutan, bekantan, dan kera ekor panjang hidup.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here