More

    Inilah Strategi Unair Masuk Perguruan Tinggi Kelas Dunia

    SURABAYA, KabarKampus-Persaingan antar kampus di dunia semakin ketat. Kenyataan ini membuat Universitas Airlangga (Unair) atur strategi agar masuk dalam jajaran perguruan tinggi kelas dunia. Caranya?

    Dalam pertemuan dengan delegasi National Chiao Tung University (NCTU) asal Taiwan, pihak Unair menyatakan kerjasama untuk meningkatkan publikasi ilmiah serta mendorong profesor luar negeri adalah dua diantara banyak cara masuk ke dalam perguruan tinggi kelas dunia.

    Selain itu langkah strategis lainnya adalah kerjasama di bidang pertukaran mahasiswa, staf pengajar, kolaborasi riset dan publikasi.

    - Advertisement -

    “Pertemuan antara Unair dan NCTU bertujuan untuk memperkenalkan kedua institusi perguruan tinggi dan fakultas terkait agar kerjasama bisa terwujud,” ungkap Prof. Amin Alamsjah, Wakil Rektor (Warek) III Unair, di Kampus Unair Surabaya, Kamis lalu (26/22/2015).

    Menurut Prof. Amin Alamsjah, Unair memiliki empat bidang yang bisa dikolaborasikan dengan perguruan tinggi asal Taiwan, sehingga publikasi penelitian ilmiah di Unair bisa semakin ditingkatkan.

    Lebih lanjut Prof. Amin Alamsjah menerangkan, empat bidang yang menjadi pilar strategi Unair adalah academic excellence (pertukaran sivitas akademika dan kuliah tamu), research excellence (kolaborasi riset dengan tujuan meningkatkan jumlah publikasi), community service (kuliah kerja nyata-belajar bersama masyarakat UNAIR), dan university holding (hilirisasi produk riset).

    Terkait dengan kunjungan profesor luar negeri, International Office and Partnership (IOP) Unair, Amak Yaqoub mengatakan bahwa Unair akan mendorong kunjungan professor luar negeri untuk melakukan riset dan mengadakan kuliah tamu dalam rentang waktu 3-6 bulan,guna mendorong kenaikan peringkat Unair dalam jajaran perguruan tinggi kelas dunia.

    “Kami ingin meningkatkan inbound profesor yang melakukan riset dan pengajaran di Unair, namun pengajaran oleh professor tamu tidak dilakukan secara berkelanjutan, melainkan bisa dilakukan selama tiga bulan atau enam bulan,” kata amak Yaqoub seperti dilansir ANTARANEWS.COM.

    Dalam pertemuan Unair dan NCTU, delegasi NCTU berharap kerjasama yang sedang dijajaki ini dapat meningkatkan minat mahasiswa dan staf pengajar Unair untuk menjajal pendidikan di kampus National Chiao Tung University,Taiwan. Saat ini NCTU menduduki peringkat ke-182 dunia versi QS World University Rankings.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here