More

    Serunya Bisa Berjalan di Atas Air ITB

    Anak-anak berjalan di atas air dalam acara ITB Insight Festival 2015. Foto : Fauzan Sazli
    Anak-anak berjalan di atas air dalam acara ITB Insight Festival 2015. Foto : Fauzan Sazli

    BANDUNG, KabarKampus – Bisa berjalan di atas air bukanlah mitos belaka. Seseorang bisa berjalan di atas air tanpa kaki masuk ke dalamnya. Dan hal ini ada dalam kegiatan ITB Insight Festival 2015 di kampus ITB, Sabtu, (28/11/2015).

    Dalam acara ini, para mahasiswa di ITB Insight Festival memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mencobanya. Mereka menyiapkan dua bak mandi karet berisi air yang mereka sebut dengan non newtonian fluid.

    Saat pengunjung mencobanya, kaki yang masuk ke dalam air akan mengapung ketika digerakkan. Sementara bila kaki diam maka akan tenggelam.

    - Advertisement -

    Menurut Abdul Sanjaya, mahasiswa Fisika ITB mengatakan, air yang mereka tuangkann ke dalam bak karet merupakan air tepung jagung yang dicampur dengan pewarna makanan. Air tepung jagung ini disebut dengan Non Newtonian Fluid.

    “Jadi Non Newtonian Fluid ini akan keras seperti tanah bila ada gaya. Namun akan seperti lumpur bila diam,” kata Abdul kepada KabarKampus.

    Menurut Abdul, sebenarnya serbuk kayu memiliki sifat yang sama dengan tepung jagung. Namun mereka belum pernah melakukan riset lebih lanjut.

    ITB Insight Festival merupakan acara untuk merayakan sains teknologi dan seni. Pengunjung acara dua tahunan ini terdiri dari orang tua dan anak -anak. Dan wahana Non Newtonian Fluid di ITB Insight Festival ini merupakan salah satu wahana yang paling banyak dikunjungi anak-anak.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here