More

    Inilah Panduan Guru Bicara dengan Anak tentang Kejahatan Terorisme

    www.vocativ.com
    www.vocativ.com

    JAKARTA, KabarKampus-Kejahatan terorisme semakin nyata di Indonesia. Para guru dan orang tua diminta bijak membicarakan terorisme di depan siswa. Berikut panduan Guru Bicara dengan Anak tentang Kejahatan Terorisme yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

    Para guru diharapkan melakukan hal-hal sebagai berikut:
    1. Sediakan waktu bicara pada siswa tentang kejahatan terorisme. Siswa sering menjadikan guru tempat mencari informasi dan pemahaman tentang apa yang sedang terjadi.

    2. Bahas secara singkat apa yang terjadi, meliputi fakta-fakta yang sudah terkonfirmasi. Jangan membuka ruang terhadap rumor, isu dan spekulasi.

    - Advertisement -

    3. Beri kesempatan siswa untuk mengungkapkan perasaannya tentang tragedi/kejahatan yang terjadi. Nyatakan dengan jelas rasa duka kita terhadap para korban dan keluarganya.

    4. Arahkan rasa kemarahan pada sasaran yang tepat, yaitu pada pelaku kejahatan, bukan pada identitas golongan tertentu yang didasarkan pada prasangka.

    5. Kembali pada rutinitas normal. Terorisme akan sukses apabila mereka berhasil mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan kehidupan kebangsaan kita.

    6. Ajak siswa berpikir positif. Ingatkan bahwa negara kita telah melewati banyak tragedi dan masalah dengan tegar, gotong-royong, semangat persatuan dan saling menjaga.

    7. Ajak siswa berdiskusi dan mengapresiasi kerja para polisi, TNI dan petugas kesehatan yang melindungi, melayani dan membantu kita di masa tragedi. Diskusikan lebih banyak tentang sisi kesigapan dan keberanian mereka daripada sisi kejahatan pelaku teror.

    Panduan Guru Bicara dengan Anak Tentang Terorisme diharapkan dapat membuka wawasan generasi muda Indonesia. Kasus kejahatan Terorisme di Jakarta pada waktu lalu telah mengejutkan dunia, bahwa negara Indonesia masih menjadi incaran aksi teror. Pelaku teror pula rata-rata direkrut sejak usia remaja.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here