More

    Jangan Takut Bersepeda Pakai Baju Kantoran, Anda Akan Tetap Gaya

    ABC AUSTRALIA NETWORK
    Erwin Renaldi
    112 02 2016 bersepeda ke kantorSelama ini di benak kebanyakan orang bersepeda harus menggunakan jersey, atau pakaian khusus yang biasanya dari bahan Lycra. Tetapi menjadi sedikit repot jika harus pergi kantor dan berganti baju kerja. Lantas mengapa tidak bersepeda langsung memakai pakaian kerja?

    Saram Iim, warga asal Sydney, yang banyak menuliskan pengalamannya bersepeda lewat blognya veloaporter.

    Banyak orang yang penasaran bagaimana Sarah bersepeda menggunakan pakaian rapi dan gaya, serta sepatu hak tinggi.

    - Advertisement -

    “Saya memulai menulis blog ini karena banyak orang selalu komentar soal pakaian saya saat bersepeda. Saya merasa bisa saja bersepeda dan tampil elegan, tanpa harus menggunakan pakaian khusus sepeda,” tulis Sarah di blognya.

    Pada awalnya Sarah ingin mengajak para perempuan untuk semakin banyak yang bersepeda setiap harinya, bukan hanya sebagai olahraga saja.

    Setelah melakukan kampanye dan membentuk komunitasnya sendiri, dan tak hanya terbatas bagi perempuan, kini sudah ada puluhan orang yang mengikutinya bersepeda memakai baju kantoran di kota Sydney.

    Tapi bukankah bersepeda menggunakan pakaian kantor ini akan menyebabkan tubuh berkeringat?

    “Sangat mungkin bersepeda ke kantor setiap hari tanpa berkeringat, malah terlihat gaya,” ujar Sarah kepada Erwin Renaldi dari ABC International saat berada di Melbourne.

    “Mengayulah lebih pelan, karena kita bukan balapan, tetapi pergi ke kantor,” jelas Sarah.

    Dalam bersepeda memakai baju kantoran atau pakaian rapi, yang harus diperhatikan adalah keadaan sepeda itu sendiri.

    Pastikan Anda memiliki sepeda yang nyaman, dilengkapi dengan aksesoris tas, sehingga jika kepanasan menggunakan jas, Anda bisa melipatnya dengan rapi ke dalam tas.

    Pastikan juga ada pelindung untuk rantai sepeda dan ban Anda, sehingga tidak mengotori pakaian, atau menyebabkan jenis rok panjang, misalnya, masuk ke dalam jari-jari ban.

    Kalau Anda menggunakan sepatu kulit yang bagus, ada baiknya Anda mengganti pedal sepeda dengan bahan karet, sehingga tidak akan menggores sepatu.

    Upaya mengajak lebih banyak warga bersepeda di Melbourne dilakukan dengan banyak hal, mulai dari terus diperbaikinya infrastruktur khusus pengguna sepeda. Tak hanya itu, di kota Melbourne sendiri terdapat puluhan komunitas sepeda, yang tiap-tiap kelompok mewakili aspirasi dan kebutuhan pengguna sepeda.

    “Pengguna sepeda meningkat sangat cepat, jika melihat jumlahnya yang tertera di papan jalanan. Tingkat partisipasi dari mereka yang bersepeda sehari-hari, termasuk ke kantor terus meningkat. Kita senang melihatnya,” ujar Edward Hore, Presiden Cycle, Aliansi Sepeda di Australia. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here