More

    Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Merantau Ke Jakarta

    Ilustrasi macet Jakarta / Foto : Fauzan
    Ilustrasi macet Jakarta / Foto : Fauzan

    Sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia, Kota Jakarta selalu menjadi daya tarik bagi anak-anak muda yang baru lulus kuliah. Banyaknya lapangan kerja dan UMR yang tinggi selalu menjadi daya tarik utamanya. Maka tak heran bila banyak para sarjana dari berbagai perguruan tinggi di daerah berbondong-bondong mengadu nasib ke kota Muhammad Husni Thamrin ini.

    Tapi sebelum berangkat merantau ke Jakarta, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jangan sampai keberadaanmu di sana justru menyusahkan orang lain.

    Berikut adalah lima hal yang perlu dipersiapkan sebelum merantau ke Jakarta :

    - Advertisement -
    1. Pastikan Kamu Sudah Memiliki Pekerjaan Pasti

    Berangkat ke Jakarta dengan modal nekat itu sah-sah saja. Tapi bila nekat tanpa pekerjaan pasti itu namanya menambah sesak kota Jakarta. Karena kota ini sudah penuh sesak orang yang tidak pasti.

    Bila kamu ingin merantau ke Jakarta, pastikan kamu sudah diterima kerja di sana. Sekarang ini sudah jamannya melamar pekerjaaan secara online. Bahkan tes masuknya secara online dan hasilnya diumumkan secara online.

    1. Gaji yang Cukup Untuk Untuk Hidup di Jakarta

    Bila kamu diterima kerja di Jakarta, pastikan juga gaji dari pekerjaan yang diambil mampu menopang hidup kamu sendiri. Apalagi kamu tidak memiliki keluarga yang rumahnya bisa kamu tebengi. Karena di Jakarta, untuk sewa kos-kosan rata-rata paling murah 700 – 800 Ribu Rupiah. Belum lagi transportasi dan biaya makan yang lebih tinggi dari daerah.

    Dari beberapa kasus,  tak sedikit juga para fresh graduate mengambil pekerjaan dengan gaji yang kecil. Sehingga mereka, meski sudah bekerja, tetap minta kiriman orang tua.

    1. Atur Keuangan Dengan Cermat dan Jangan Banyak Gaya

    Hidup tanpa banyak gaya saja di Jakarta sudah mahal, apalagi yang banyak gaya. Salah satunya adalah kebiasaan makan dan minum di mall.

    Kebanyakan, karyawan yang berkantor yang tak jauh dari mall memiliki kebiasaan makan dan minum di mall. Padahal Makan dan minum di mall paling tidak menghabiskan minimal 50 ribu rupiah. Belum lagi lapar mata dengan barang-barang yang dijual di mall.

    1. Pilih Transportasi yang Murah

    Naik gojek atau taksi di Jakarta itu praktis dan mudah. Namun model transportasi tersebut akan cukup merogoh kantorng yang dalam bila jaraknya jauh. Bila ingin murah naiklah transportasi massal lainnya seperti KRL, TransJakarta, Angkot atau Metromini.

    1. Jaga Kesehatan

    Bekerja di Jakarta, butuh stamina yang ekstra. Karena kadang pekerjaan menuntut seseorang bekerja dari pagi hingga larut malam. Belum lagi ditambah macet usai pulang bekerja.

    Jadi bila kamu bekerja di Jakarta penting bagi kamu untuk mejaga kesehatan. Perbanyak minum dan selalu luangkan waktu untu olahraga.

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here