More

    Panduan Orang Tua Bicara Tentang Kejahatan Terorisme dengan Anak

    www.vocativ.com
    www.vocativ.com

    JAKARTA, Kabarkampus-Untuk melengkapi panduan bicara tentang terorisme, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menerbitkan Panduan Orang Tua Bicara Terorisme dengan Anak. Salah satu langkah agar anak-anak tidak terjebak dalam lingkaran kejahatan.

    Berikut panduan untuk orang tua bicara terorisme dengan anak :
    1. Cari tahu apa yang mereka pahami. Bahas secara singkat apa yang terjadi, meliputi fakta-fakta yang sudah terkonfirmasi, ajak anak untuk menghindari isu dan spekulasi.

    2. Hindari paparan terhadap televisi dan media sosial yang sering menampilkan gambar dan adegan mengerikan bagi kebanyakan anak, terutama anak di bawah usia 12 tahun.

    - Advertisement -

    3. Identifikasi rasa takut anak yang mungkin berlebihan. Pahami bahwa tiap anak memiliki karakter unik. Jelaskan bahwa kejahatan terorisme sangat jarang, namun kewaspadaan bersama tetap perlu.

    4. Bantu anak mengungkapkan perasaannya terhadap tragedi yang terjadi. Bila ada rasa marah, arahkan pada sasaran yang tepat, yaitu pelaku kejahatan. Hindari prasangka pada identitas golongan tertentu yang didasarkan pada prasangka.

    5. Jalani kegiatan keluarga bersama secara normal untuk memberikan rasa aman dan nyaman, serta tidak tunduk pada tujuan teroris mengganggu kehidupan kita. Kebersamaan dan komunikasi rutin sangat penting untuk mendukung anak.

    6. Ajak anak berdiskusi dan mengapresiasi kerja para polisi, TNI dan petugas kesehatan yang melindungi, melayani dan membantu kita di masa tragedi. Diskusikan lebih banyak tentang sisi kesigapan dan keberanian mereka daripada sisi kejahatan pelaku teror.

    Anies Baswedan menyatakan orang tua dan guru perlu membantu anak-anak mencerna dan menanggapi peristiwa teror ini. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here