More

    Seminar dan Workshop Kreatif Commcreation 2016

    08 02 2016 Comm CreationHimpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (HMILKOM-UB) mempersembahkan Communication Creativity in Action (CommCreation) 2016. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Kampus Kuningan Universitas Bakrie, Jl. HR.Rasuna Said Kav C.22, Kuningan-Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 20 Februari 2016.

    CommCreation 2016 mengangkat tema “Facing The New Communication Culture”. Kegiatan ini bertujuan agar peserta dapat termotivasi serta melihat berbagai kontribusi generasi muda di dunia komunikasi.

    Pre-event

    - Advertisement -

    Acara Commcreation 2016 dimulai dengan Pre-event pada hari Rabu, 17 Februari 2016 yang berlokasi di Student Lounge Luar Universitas Bakrie. Pre-event ini merupakan rangkaian acara ditunjukan untuk pihak internal kampus.

    Dalam acara pre event ini menghadirkan stand perkenalan CommCreation 2016 yang akan menampilkan video CommCreation dari tahun ke tahun, stand dari tiga peminatan Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (Marketing Communication, Coorporate Communication, Mass Media Communication & Journalism) serta stand dari pihak sponsorship.

    Selain itu, akan hadir pula live music dan games yang akan mengandalkan komunikasi langsung tatap muka tanpa perantara gadget, hal ini sebagai campaign deny-ing atas budaya baru komunikasi  yang terpaku pada layar gadget.

    Main Event

    Selanjutnya pada acara puncak tanggal 20 Febuari 2016, Commcreation membagi acara menjadi tiga bagian yaitu, CommActive (seminar dan talkshow tentang komunikasi), CommAction (simulasi kerja dunia komunikasi), dan  Short Film Competition.. Pembicara yang datang pada acara CommCreation yaitu, di CommActive sebagai pembicara seminar adalah Dimas Novriandi, Head od Business Development at Mirum Agency dengan tema “In Gadget We Trust”, lalu sebagai pembicara talkshow yaitu Arief Muhammad (One of the founder nyunyu.com), Prabu Revolusi (Presenter CNN News), dan salah satu orang ternama dalam Mirum Agency dengan tema talkshow “Your Future, Your Success, Your Gadget”.

    Kemudian adalah CommAction (Workshop) bertema “Welcoming The Reality” yang akan dilaksanakan pada CommCreation 2016 merupakan tiga peminatan dalam bidang komunikasi, yaitu:

    • Marketing Communication Zone : Witness the Power of Online Ad
    • Corporate Communications Zone : Becoming a PR 2.0 Officer
    • Mass Communications Zone : Produce Straight Online News

    Selain itu, Commcreation 2016 mengadakan Short Film Competition (SFC) yang dikhususkan untuk dua kategori peserta yaitu umum (internal dan eksternal Universitas Bakrie) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam pembuatan film pendek, peserta diarahkan untuk memperhatikan dan mengaplikasikan dengan baik esensi utama dari tiga fokus studi ilmu komunikasi, yaitu sisi tanggung jawab sosial yang merupakan salah satu elemen Corporate Communication dan Journalism and Mass Media Communication, serta ide kreatif dan desain poster yang merupakan esensi dari Marketing Communication. Kompetisi ini merupakan wadah bagi peserta untuk berlomba dan berkompetisi dalam unjuk karyanya.

    Tema yang diangkat pada SFC kali ini adalah “Smartphone, Smart User”. Tema ini dipilih atas kekhawatiran bahwa banyaknya pengguna smartphone yang ‘bodoh’ karena ‘terjebak’ dalam gadgetnya. Terinspirasi dari quotes “Smartphone, Dumb People”, tema yang kami pilih ini diharapkan membuat peserta untuk menghasilkan karya yang mengajak penontonnya untuk menjadi pengguna gadget yang pintar.

    Dengan banyaknya kendala bukanlah penghambat untuk menunjukkan sisi positif dari penggunaan gadget oleh para pemuda. Short Film Competition ini menghadirkan beberapa dewan juri yaitu, Daniel Rudi Haryanto dan Hellena Yorasita. Diharapkan kompetisi film pendek ini menjadi wadah berkumpulnya tontonan yang dapat menginspirasi penontonnya untuk mengajak berpikir tentang cara efektif, cermat serta cerdas dalam menggunakan smartphone agar pola pikir pemuda bangsa ini dapat maju. Total hadiah senilai 10JT Rupiah.

    Humas CommCreation

    Farah Devianti Putri (081218492961)

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here