More

    Canberra Pakai 100 Persen Energi Terbarukan Mulai Tahun 2020

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Simon Corbell mengatakan target energi terbarukan sekarang ini sudah menyumbang 400 juta dolar bagi perekonomian setempat. (ABC: Lucy Barbour)
    Simon Corbell mengatakan target energi terbarukan sekarang ini sudah menyumbang 400 juta dolar bagi perekonomian setempat. (ABC: Lucy Barbour)

    Negara bagian ibukota Australia (ACT) menargetkan penggunaan 100 persen listrik dari sumber energi terbarukan pada tahun 2020. Namun dengan itu, setiap warga Canberra akan membayar biaya tambahan $ 300 (sekitar Rp 3 juta) tambahan dari yang dibayar sekarang.

    Sebelumnya pemerintah negara bagian ACT sudah menyakaan bahwa target 90 persen akan dicapai di tahun 2020, dan 100 persen di tahun 2025.

    - Advertisement -

    Namun Menteri Lingkungan ACT Simon Corbell mengumumkan sekarang bahwa pemerintah sudah mempercepat tenggat waktu itu dan akan menjadi negara bagian pertama di Australia dimana pasokan listrik akan 100 persen berasal dari sumber terbarukan di tahun 2020.

    Pemerintah memperkirakan bahwa setiap rumah tangga di Canberra dan sekitarnya harus menanggung biaya tambahan $ 5,5 (sekitar Rp 55 ribu) per minggu, sehingga dalam setahun harus membayar ekstra Rp 3 juta rupiah dibandingkan sekarang dimana pasokan listrik menggunakan sumber daya batu bara dan bahan bakar fosil.

    Menurut Corbell, biaya tambahan ini diharapkan tidak akan memberatkan warga dan biaya tersebut akan ditutupi dengan efisiensi penggunaan listrik di rumah masing-masing.

    “Bukti sangat jelas menunjukkan bahwa biaya ini akan bisa ditanggung dengan mudah oleh rumah tangga di Canberra.” kata Corbell.

    Dia mengatakan percepatan pencapaian target ini dilakukan karena semakin turunnya biaya bagi penyediaan energi dari sumber terbarukan, dan penciptaan lapangan kerja bagi ekonomi lokal.

    “Sebagai garda terdepan dalam bidang energi terbarukan, ACT mendapatkan manfaat ekonomi dan lingkungan dari apa yang disebut ‘decarbonisasi’.” katanya.

    “Sejauh ini target 90 persen energi terbarukan membuat pemerintah mendapatkan investasi $ 400 juta ke dalam perekonomian ACT.”

    “Dengan usaha mencapai 100 persen energi terbarukan di tahun 2020, akan menjadikan Canberra di barisan paling depan di Australia dan internasional, sebagai kota yang melakukan langkah efektif untuk mengurangi perubahan iklim.” kata Menteri Lingkungan ACT Simon Corbell. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here