More

    Fisip Unhas Gelar Bimtek Proposal Program Kreativitas Mahasiswa

    Sulaeman, Mahasiswa Fisip Unhas

    Foto Wakil Rektor III bersama Wakil dekan III Fisip Unhas sebelum menyerahkan Piagam sertifikat ,penghargaan ke 5 Mahasiswa Prestasi (Mapres) Fisip Unhas
    Foto Wakil Rektor III bersama Wakil dekan III Fisip Unhas sebelum menyerahkan Piagam sertifikat ,penghargaan ke 5 Mahasiswa Prestasi (Mapres) Fisip Unhas

    MAKASSAR, KabarKampus-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (Fisip Unhas) menggelar rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) program PKM lima bidang. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang berlangsung 3 hari yakni masing masing pada tanggal 9,16 April dan berakhir 23 April 2016.

    Pada kegiatan Bimtek selama tiga pertemuan ini, ada lima orang pemateri yang membagikan kiat-kiat penyusunan proposal PKM. Adapun pemateri tersebut yakni Muhammad Nasir Badu, Ph D, Rahmatullah, S.IP, M.Si, Andi Subhan Amir, M.Si Dr. Sakaria, M.Si ,dan Seniwati, Ph D.

    - Advertisement -

    PKM diadakan untuk melatih kemampuan teknis dan menjadi media mahasiswa untuk mengaktualkan konsep yang dimiliki.

    “Kita memahami PKM bukan hanya keinginan minat, satu orang. Tapi hajatan bersama kita. Ini bukan barang yang dipaksakan. Tapi ini adalah sesuatu yang terstruktur,” kata Rahmatullah salah satu pemateri Bimtek PKM Fisip Unhas.

    Dr. Suryadi Lambali, MA selaku ketua Tim PKM berharap agar melaui bimbingan teknis ini para mahasiswa Fisip dapat lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) mendatang.

    “Saya harap yang lolos di PIMNAS nanti adalah peserta yang hadir diruang ini. Kita harus tingkatkan minat lebih besar,” tuturnya.

    Adapun PKM adalah salah satu program Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti yang bertujuan meningkatkan kreativitas dan kualitas mahasiswa Indonesia. PKM tersebut nantinya akan disaring oleh Dikti untuk diikutkan di ajang kompetitif Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

    PKM 5 bidang yakni terdiri dari PKM-P (Penelitian), PKM-T (Teknologi), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian Masyarakat) dan PKM-KC (Karsa Cipta). Selain itu, terdapat dua jenis PKM lainnya yakni PKM-GT (Gagasan Tertulis) dan PKM-AI (Artikel Ilmiah).

    Dr. Rahmat Muhammad, M.Si selaku Wakil Dekan III Fisip Unhas berharap agar melalui Bimtek, mahasiswa termotivasi untuk mengikuti PKM 5 Bidang. Selain itu Rahmat juga menyarankan agar mahasiswa Fisip dapat fokus untuk mengikuti kegiatan PKM terdekat yakni PKM Artikel Ilmiah (PKM-Ai) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

    Setelah kegiatan Bimtek selesai, Rahmat menambahkan bahwa pihak fakultas pun akan memfasilitasi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam.pembuatan proposal PKM.

    “Setelah ini, nantinya kami akan mengadakan klinik PKM, dimana dosen pendamping akan diberikan waktu untuk stand by setiap harinya untuk membantu teman-teman mahasiswa yang kesulitan dalam menyusun proposal PKM,” lengkapnya.

    Pada hari terakhir, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penutupan Mawapres Tingkat Fakultas. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here